Sukses

Top Skor Piala Dunia 2010: Pemuda 20 Tahun Sang Penghancur Timnas Inggris

Thomas Muller memborong dua gol saat Jerman melibas Inggris 4-1 di babak 16 besar. Total Muller mecetak lima gol di Piala Dunia 2010 dan menjadi top skor.

Liputan6.com, Jakarta Penyerang Timnas Jerman, Thomas Muller mencetak lima gol di Piala Dunia 2010 yang berlangsung di Afrika Selatan.

Torehan itu sama dengan yang dicatatkan oleh penyerang Spanyol, David Villa, Wesley Sneijder (Belanda) dan Diego Forlan (Uruguay).

Namun, Muller berhak menyandang status top skor Piala Dunia 2010 dan mendapatkan penghargaan Sepatu Emas karena unggul dalam jumlah assist 3.

Sementara Villa, Sneijder dan Forlan hanya mencatat masing-masing 1 assist. bagi Muller ini adalah catatan yang luar biasa.

Sebab, Piala Dunia 2010 adalah debutnya di ajang paling bergengsi empat tahunan ini.

"Ini luar biasa bagi pendatang baru di Piala Dunia," kata Muller terkait penghargaanya, dikutip laman resmi FIFA.

Hebatnya lagi, Muller juga dinobatkan sebagai Pemain Muda Terbaik Piala Dunia 2010. Dia meraihnya bersama Giovani dos Santos (Meksiko) dan Andre 'Dede' Ayew (Ghana).

Muller menjadi pemain Jerman ketiga yang meraih gelar Pemain Muda Terbaik Piala Dunia setelah Franz Beckenbauer (1966) dan Lukas Podolski (2006).

“Ini juga menunjukkan kualitas yang sangat baik dari pekerjaan pengembangan pemuda kami di Jerman, jadi saya ingin mengambil kesempatan ini untuk berterima kasih kepada semua staf di Bayern Munich dan tim nasional Jerman, dan tim pelatih" katanya

"Saya benar-benar menikmati sepak bola saya dengan para pemain di sini. [Tapi] yang benar-benar saya inginkan adalah memenangkan Piala Dunia sebagai bagian dari sebuah tim." sambungnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

5 Gol dalam 6 Pertandingan

Muller mencetak gol debutnya di Piala Dunia 2010 pada laga perdana Grup D melawan Australia. Dia mencetak satu gol dalam kemenangan 4-0 Jerman atas Australia.

Setelah gagal mencetak gol melawan Serbia, Muller memborong dua gol saat Jerman melibas Inggris 4-1 di babak 16 besar.

Muller juga menceetak satu gol kala Jerman menghancurkan Argentina 4-0 pada babak perempatfinal.

Namun, di babak semifinal, Muller tak bermain. Jerman pun kalah 0-1 dari Spanyol dan gagal lolos ke partai final.

Di babak perebutan tempa ketiga, Muller kembali mencatatkan namanya di papan skor saat Jerman mengalahkan Uruguay 3-2.

3 dari 5 halaman

Juara Piala Dunia 2014

Setelah gagal membawa Jerman juara di Piala Dunia 2010, Muller sukses mengantarkan Jerman menjadi juara di Piala Dunia 2014.

Salah satu penampilan terbaiknya adalah pada laga fase grup saat Jerman menghancurkan Portugal 4-0. Dalam pertandingan itu, Muller mencetak tiga gol sekaligus.

Hat-trick yang dicetak Muller merupakan trigol pertama yang terjadi di Piala Dunia 2014 ini. Muller juga mencetak satu gol saat Jerman mencatatkan kemenangan paling bersejarah di Piala Dunia.

Kemenangan 7-1 atas Brasil, tim perah gelar terbanyak yang saat itu berstatus sebagai tuan rumah.

Penampilan apik Muller di Piala Dunia 2014 bahkan membuat legeda Timnas Brasil, Pele memberikan pujian.

"Saya mencemaskan semua pemain Jerman, terutama Thomas Muller. Dia bisa jadi sangat berbahaya," kata Pele kepada Bild.

 

4 dari 5 halaman

Dekati Rekor Gol Sepanjang Masa Piala Dunia

Sejak Piala Dunia 2010, Muller pun menjadi andalan di Timnas Jerman. Hingga saat ini, dia telah mencetak 10 gol di Piala Dunia.

Torehan itu menjadikan dirinya sebagai satu-satunya pesepak bola masih aktif yang mendekati rekor pencetak gol terbanyak di Piala Dunia milik Miroslav Klose dengan 16 gol.

Klose melakukannya di Piala Dunia 2002, 2006, 2010 dan 2014. Mampukah, Muller untuk memecahkan rekor seniornya tersebut untuk menjadi pemain paling subur di Piala Dunia?

5 dari 5 halaman

Langgeng di Bayern

Muller baru saja meneken kontrak baru bersama Bayern Munich untuk dua tahun ke depan. Itu akan membuatnya berada di Allianz Arena hingga 2024 mendatang.

Muller jadi bagian tak tergantikan dari tim asal Bavaria itu dengan 226 gol dan 242 assist dari 624 penampilan.

Selain 11 gelar Bundesliga, ada enam titel DFB-Pokal, tujuh Piala Super Jerman, dua Liga Champions, dua Piala Super Eropa, dan dua Piala Dunia Antarklub.

Kontrak baru ini juga sekaligus membantah spekulasi masa depan Muller. Pemain 32 tahun tersebut sempat diisukan bakal pergi dan bergabung dengan Manchester United.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.