Sukses

Fabio Quartararo Marah Kena Long Lap Penalty di MotoGP Inggris, Seperti Apa Sanksinya?

Liputan6.com, Jakarta Pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo sangat marah dikenai sanksi long lap penalty atas pelanggarannya di MotoGP Belanda. Seperti diketahui, Quartararo melakukan kesalahan sehingga terjatuh saat awal balapan di sirkuit Assen akhir pekan kemarin.

Quartararo tak hanya jatuh karena dia menyenggol pembalap Aprilia, Aleix Espargaro hingga ke luar lintasan. Untung saja Espargaro tak jatuh dan malah lanjutkan balapan hingga finis di posisi keempat.

Meski begitu race director MotoGP menganggap Quartararo melakukan pelanggaran. Dia pun mendapatkan sanksi long lap penalty di MotoGP Inggris sirkuit Silverstone yang digelar Agustus nanti.

Quartararo mengaku kesal karena kesalahan yang tak disengajanya dinilai sebuah aksi salip yang ambisius. Dia pun mengungkapkan kekesalannya di instagram story miliknya.

"Ya, long lap penalty di balapan berikutnya. Sekarang, Anda tak bisa salip pembalap lain karena dinilai terlalu ambisius. Sejak awal tahun, beberapa pembalap melakukan insiden tapi saya saja yang dinilai berbahaya," tulisnya.

 

 

2 dari 3 halaman

Apa Itu Long Lap Penalty?

Long Lap Penalty merupakan sanksi yang diberikan race director setelah pembalap dinilai melakukan pelanggaran. Nantinya, pembalap harus melewati sebuah area di luar lintasan sehingga membuat mereka lebih lambat.

Efek melewati lintasan LLP adalah durasi balap akan bertambah sekitar dua detik atau lebih.

Rider wajib melakukan tiga kali melintasi trek LLP setelah mendapat hukuman tersebut dari race director. Banyak penyebab pembalap kena Long Lap Penalty, salah satunya seperti yang dilakukan Quartararo.

 

3 dari 3 halaman

Merajuk

 

Di satu sisi, Quartararo mengaku tak akan lagi melakukan aksi salip. Soalnya dia takut kena sanksi lagi, meski ini dengan nada menyindir.

"Selamat untuk pengawas balap untuk pekerjaan luar biasa yang dilakukan. Di waktu lain, saya tak akan menyalip lagi karena ogah disanksi lagi. Selamat liburan, sampai jumpa di sirkuit Silverstone," tulis Quartararo.

Usai balapan, Quartararo sebenarnya meminta maaf langsung kepada Aleix Espargaro atas aksi yang dilakukannya.