Sukses

Cuma Neymar yang Pasti Masuk Timnas Brasil di Piala Dunia 2022

Neymar Jr dinilai cuma satu-satunya yang sudah dipastikan masuk dalam skua Brasil di Piala Dunia 2022. Neymar disebut sebagai pemain terbaik Brasil saat ini.

Liputan6.com, Jakarta - Legenda Timnas Brasil Cafu menyebut negaranya kekurangan pemain bintang jelang Piala Dunia 2022. Hanya Neymar Jr yang dipastikan masuk skuat.

Piala Dunia 2022 Qatar akan berlangsung pada 21 November hingga 18 Desember. Brasil, masih menjadi unggulan juara, di samping negara-negara lainnya seperti Prancis, Argentina, Jerman, dan Spanyol.

Namun, skuad Brasil saat ini tak seganas beberapa Piala Dunia sebelumnya, atau masih kalah menterang dibanding dengan skuad Tim Samba saat terakhir menjadi juara di Piala Dunia 2002.

Kala itu, Brasil diperkuat sejumlah nama kelas dunia seperti Ronaldo, Ronaldinho, Roberto Carlos, Rivaldo, Cafu hingga Kaka. Para pemain tersebut memiliki peran sentral di klubnya masing-masing.

Cafu menilai, ada kesenjangan pemain sejak 2010, dan mulai saat itu perlaha tercipta jarak antarpemain dengan suporter. Dia mencontohkan, pada 2002 lalu, para penggemar sudah tahu siapa saja pemain yang akan dibawa untuk Piala Dunia, siapa yang jadi pemain utama, dan siapa yang akan menjadi pengganti.

"Ini adalah tahun Piala Dunia dan sayangnya kami tidak dapat memastikan siapa yang akan pergi ke Qatar. Ini sangat berbeda dengan perasaan pada tahun 2002, ketika semua orang tahu siapa yang akan memulai dan siapa yang memiliki peluang paling besar untuk diganti selama pertandingan," kata Cafu, dilansir The Guardian.

"Fans tahu cerita kami dan di mana kami bermain. Para penggemar merasa dekat dengan skuat. Ada jarak antara penggemar dan skuat nasional dan itu telah berkembang sejak 2010," sambungnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cuma Neymar

Lebih lanjut, Cafu menilai hanya bintang Paris Saint-Germain Neymar Jr yang bisa menjadi pemain utama. Selebihnya belum bisa dipastikan.

Sebab memang cuma Neymar yang saat ini berpengaruh di klubnya. Cafu memberikan contoh, seperti kiper Liverpool, Alisson Becker, belum tentu bisa menjadi pemain utama.

"Bisakah kami memastikan Alisson akan memulai pertandingan ketika masih ada Ederson? Atau bahwa Weverton tidak akan bisa mendapatkan posisi di tim setelah gelarnya bersama Palmeiras? Satu-satunya pemain yang aman adalah Neymar, karena dia yang terbaik," ucap Cafu.

Tak sampai di situ, Cafu juga menilai Brasil saat ini memiliki banyak pemain muda yang sedang mengejar satu tempat pasti dalam skuad utama Brasil asuhan Tite.

Meski tak meragukan kualitas Vinicius Junior dan Rodrygo Goes, Cafu menilai terlalu dini untuk menempatkan pemain tersebut dalam daftar pemain teratas dunia.

“Vini adalah masa depan sepak bola Brasil. Dia adalah pemain muda dengan kemungkinan paling besar. Tahun ini telah menunjukkan bahwa dia dapat mencapai lebih banyak. Terlalu dini untuk menempatkan dia di tiga pemain teratas dunia, tapi kita bisa membayangkan dia sampai di sana," jelasnya.

3 dari 5 halaman

Pensiun dari Timnas

Neymar sebelumnya sudah mengisyaratkan bakal pensiun dari Timnas Brasil usai Piala Dunia 2022. Hal itu disampaikan oleh Rodrygo Goes yang menyebut jika Neymar mau menyerahkan nomor punggung 10 usai Piala Dunia.

"Neymar berkata kepada saya, 'Saya sudah meninggalkan tim nasional, dan nomor 10 adalah milik Anda'," kata Rodrygo dalam sebuah wawancara dengan PodPah melalui ESPN.

Mendengar hal tersebut, Rodrygo tidak bisa berbicara banyak dan merasa malu untuk memberi jawaban kepada Neymar. Rodrygo berharap itu hanya candaan dan Neymar bisa terus memperkuat Brasil usai Piala Dunia.

Sebab, Neymar pada Piala Dunia 2028 yang akan datang baru menginjak usia 34 tahun. Menurut Rodrygo, seharusnya dia masih bisa menjadi andalan Tim Samba.

”Saya malu, saya terkikik dan bahkan tidak tahu harus berkata apa dengan benar,” kata Rodrygo.

“Saya mengatakan kepadanya bahwa dia harus bermain lagi, bahwa saya tidak ingin sekarang dan sebagainya. Dan kemudian dia tertawa," sambungnya.

4 dari 5 halaman

Mendarat Darurat

Baru-baru ini, Neymar terpaksa melakukan pendaratan darurat saat dalam perjalanan menuju Brasil, Selasa (22/6/2022). Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut.

ESPN menyebutkan, Neymar baru saja pulang berlibur saat jet pribadinya mengalami masalah teknis di udara . Pilot kemudian meminta izin melakukan pendaratan darurat di bandara terdekat.

Pesawat Cessna 680 Citation itu lalu diarahkan ke Boa Vista di timur laut Brasil. Pendaratan berjalan mulus. Neymar dan penumpang lain yang ikut dalam penerbangan selamat tanpa terluka.

"Karena masalah kecil pada wiper kaca depan pesawat NR Sports, di mana atlet Neymar Jr, saudara perempuannya, Rafaella Santos dan Bruna Biancardi ada di dalamnya, pilot memutuskan, sebagai tindakan pencegahan, untuk membuat keputusan awal, mendarat Selasa (21/6) di Boa Vista, Roraima, agar masalah itu bisa teratasi," bunyi pernyataan resmi agensi milik Neymar Jr menjelaskan.

Neymar melalui Neymar Sport E Marketing membeli jet pribadi seharga 10,8 juta pound sterling pada 2008 lalu. Pesawat ini kerap dipakai Neymar Jr saat bepergian bersama orang-orang terdekatnya.

Saat insiden terjadi, Neymar diketahui baru menyelesaikan rangkaian liburannya di Amerika Serikat. Dia juga mengajak kekasihnya, Bruno Biancardi dan adik perempuannya, Rafaella Santos.

"Kami ingin menyampaikan kalau seluruh penumpang selamat dan kini tengah dalam proses melanjutkan perjalanan," agensi Neymar menambahkan dalam pernyataan resmi mereka.

5 dari 5 halaman

Disiarkan Emtek Grup

Para percinta sepak bola Tanah Air mendapatkan kabar baik terkait Piala Dunia 2022. Karena, Elang Mahkota Teknologi (Emtek) resmi menjadi pemegang hak siar Piala Dunia 2022.

Pengumuman resmi disampaikan dalam jumpa pers yang berlangsung di SCTV Tower Lt 9, Senayan, Jakarta, Selasa (15/3/2022). Acara ini juga diikuti berbagai media lewat teleconference via Zoom.

Sebagai pemegang hak siar, Emtek bakal menghadirkan pertandingan-pertandingan Piala Dunia Qatar 2022 melalui stasiun televisi Indosiar, SCTV, O Channel, Mentari TV dan live streaming Vidio. Juga di Nex Parabola dan Champions TV. Berita-berita terbaru seputar turnamen akbar empat tahunan tersebut juga bisa didapatkan melalui bola.liputan6.com.

Managing Director Emtek Group, Sutanto Hartono, kepada wartawan mengatakan, pihaknya sangat bangga mendapat kepercayaan sebagai pemegang hak siar Piala Dunia 2022. "Tahun ini kami dengan bangga mempersembahakan FIFA World Cup 2022," ujar Sutanto dalam sambutannya,

"Sejarah baru, karena Qatar menjadi negara Timur Tengah pertama yang menjadi tuan rumah Piala Dunia. Perbedaan waktu yang tidak terlalu besar dengan Indonesia, membuat jam tayang Piala Dunia 2022 berada di waktu yang strategis bagi Indonesia," kata Sutanto menambahkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.