Sukses

Indonesia Open 2022: Tidak Perlu Operasi, Ini Durasi Pemulihan Cedera Yeremia Rambitan

Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan tidak perlu menjalani operasi usai terkena cedera lutut pada laga perempat final Indonesia Open 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan tidak perlu menjalani operasi usai terkena cedera lutut pada laga perempat final Indonesia Open 2022. Namun, dia membutuhkan watu pemulihan cedera 3-6 bulan.

Dokter PP PBSI, dr. Grace Joselini Corlesa, MMRS., Sp.KO, menyebut Yeremia mengalami cedera lutut setelah melakukan tes magnetic resonance imaging (MRI) di Rumah Sakit Pondok Indah, Bintaro.

Saat ini Yeremia sudah dalam tahap perawatan tim medis yakni melakukan terapi selama beberapa bulan sambil memeriksa kondisinya secara berkala. "Saya sudah memeriksa kondisi Yeremia dan kami sepakat untuk mengambil tindakan terapi untuk cedera lutut kirinya, tidak perlu tindakan operasi," tutur Grace dalam temu media.

"Nantinya akan ada beberapa tes untuk Yeremia dan tindakan lebih lanjut yang harus kami lakukan untuk menentukan prognosis lebih lanjut," ungkap Grace.

Menurut Grace, pemain peraih medali perak SEA Games 2021 tersebut akan menepi untuk pemulihan cedera lututnya tiga hingga enam bulan ke depan.

"Setelah diskusi dengan Prof. Dr. dr. Nicolaas C. Budhiparama, PhD, SpOT (K), FICS yang merupakan dokter spesialis orthopedi, Yeremia kemungkinan absen tiga hingga enam bulan, tergantung proses penyembuhannya. Dalam kasus Yeremia akan kami lihat dahulu kasus cederanya seperti apa," tambah Grace.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hampir Menang

Melihat cedera yang dialami, menurut Grace, Yeremia mengalami sedikit gerakan yang bersifat memutar secara cepat sehingga langsung mengalami sedikit masalah di bagian lututnya.

Saat ini tim dokter dan psikologi PBSI terus bekerja sama untuk memastikan kejadian ini tidak menimbulkan trauma berkepanjangan baik untuk atlet yang cedera ataupun pasangannya.

Berpasangan dengan Pramudya Kusumawardana, Yeremia mengalami cedera lutut kiri saat bertanding melawan Aaron Chia/Soh Woi Yik (Malaysia) di perempat final Indonesia Open di Istora Senayan, Jumat (17/6.2022).

Padahal saat itu Pram/Yere hanya membutuhkan satu poin untuk masuk semifinal Indonesia Open. Cedera datang saat mereka memimpin 20-17. Yeremia tetap coba tampil, tapi Pramudya otomatis bermain sendirian. Mereka akhirnya takluk 20-22. 

3 dari 3 halaman

Tidak Ada Wakil di Semifinal

Kekalahan Pram/Yere turut membuat tuan rumah nihil wakil di semifinal. Tiga nama lain juga kandas di babak 8 besar. Tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting menyerah 13-21, 21-19, 9-21 di hadapan andalan Denmark Viktor Axelsen. Pebulu tangkis asal Cimahi itu kini tumbang enam kali beruntun dari lawan.

Ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto tumbang 18-21, 18-21 dari Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi asal China. Sementara ganda putri Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti takluk di hadapan wakil Korea Selatan Lee So-hee/Shin Seung-chan yang berstatus unggulan dua. Pada laga berdurasi 52 menit, Apriyani/Fadia menyerah 14-21, 19-21.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.