Sukses

Hasil Indonesia Open 2022: Main Sabar, Anthony Ginting Lolos ke Babak 16 Besar

Tunggal putra Indonesia Anthony Ginting lolos ke babak 16 besar Indonesia Open 2022 setelah mengalahkan seniornya Tommy Sugiarto.

Liputan6.com, Jakarta - Anthony Sinisuka Ginting melenggang ke babak 16 besar Indonesia Open 2022. Andalan tuan rumah di nomor tunggal putra Itu menyingkirkan seniornya Tommy Sugiarto.

Berlaga di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Selasa (14/6/2022) siang WIB, Anthony Ginting butuh waktu 47 menit untuk mengalahkan Tommy. Dia menang dua game langsung dengan skor 21-17 dan 22-20.

"Bersyukur bisa bermain cukup baik dan tanpa cedeta," kata pebulu tangkis berusia 25 tahun itu kepada awak media usai pertandingan.

Meski menang, Anthony Ginting mengakui tidak mudah melawan Tommy Sugiarto di babak pertama Indonesia Open. "Kita sudah sama-sama tahu tipe permainan jadi cukup ketat dari awal sampai akhir, terutama pada set kedua," ucapnya.

"Pengalaman Tommy Sugiarto sebagai tunggal putra senior sangat berpengaruh di set kedua."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sempat lengah

Pada set kedua, Anthony Sinisuka Ginting sempat unggul 17-12. Tapi, Tommy Sugiarto mampu membalikkan skor menjadi 19-18.

Anthony Ginting kemudian bermain lebih sabar dan menyamakan skor 20-20 sehingga terjadi deuce. Pemain tunggal putra peringkat enam dunia itu kemudian meraih dua poin tambahan untuk memenangkan laga.

"Agak lengah pada akhir set kedua setelah lebih mudah mendapatkan poin dan Tommy melakukan kesalahan sendiri. Tommy kemudian mengubah permainan dan saya menjadi terburu-buru," papar Tommy.

Sadar akan kondisi tersebut, Anthony Ginting mencoba bermain lebih sabar. "Di poin-poin kritis tetap bermain menyetang, tapi lebih sabar," ucapnya.

 

3 dari 3 halaman

Lawan berikutnya

Di babak kedua, Anthony Sinisuka Ginting akan menghadapi Hans-Kristian Solberg Vittinghus dari Denmark. Kedua pemain baru sekali bertemu, yakni di Malaysia Masters 2018. Ketika itu, Anthony Ginting kalah 19-21 dan 16-21.

"Setelah ini recovery dulu, free satu hari. Kemudian diskusi dan evaluasi dengan pelatih tentang pertandingan hari ini. Fokus satu-satu dulu. Setelah itu diskusi lagi dengan pelatih tentang strategi yang disiapkan untuk pertandingan berikutnya," paparnya.

Anthony Ginting menyadari bermain di Indonesia Open tidak sama seperti Indonesia Masters yang pekan lalu dia mencapai semifinal. Indonesia Open adalah turnamen BWS super series level 1000. Sedangkan Indonesia Masters merupakan level 500.

"Main di babak pertama sudah ketemu musuh-musuh yang di top 20. Pemain yang bermain di sini (Indonesia Open) bagus-bagus, bukan asal tanding," ucapnya.

"Past kita berebut poin untuk memperbaiki peringkat dan meraih prestasi tertinggi," pungkas Anthony Ginting.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.