Sukses

Rincian Bonus Peraih Medali SEA Games 2021 Vietnam

Presiden RI Joko Widodo menyerahkan bonus kepada atlet peraih medali pada ajang SEA Games 2021 Vietnam di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (13/6/2022).

Liputan6.com, Jakarta - Presiden RI Joko Widodo menyerahkan bonus kepada atlet peraih medali pada ajang SEA Games 2021 Vietnam di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (13/6/2022).

“Pagi hari ini saya bangga, saya senang dari 499 atlet yang kita kirim ke SEA Games ke-31 di Vietnam, 408 atlet memperoleh medali baik emas, perak, maupun perunggu,” kata Presiden dalam sambutannya.

Jokowi menyebut, pencapaian kontingen Indonesia pada pesta olahraga Asia Tenggara ini meningkat. Bahkan, posisi tim Merah Putih tembus ke posisi tiga besar klasemen. Indonesia hanya kalah dari tuan rumah dan Thailand di tabel akhir medali.

“Artinya 82 persen atlet yang kita kirimkan membawa pulang medali ke Tanah Air. Meskipun kita hanya mengirimkan 499 atlet,” ujar Presiden.

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, Menko PMK Muhadjir Effendy, Mensesneg Pratikno, Seskab Pramono Anung, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Ketum KONI Marciano Norman, Ketum NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari, dan CdM Kontingen SEA Games Vietnam Ferry J Kono, turut hadir pada acara penyerahan bonus SEA Games ini.

Total bonus yang diberikan kepada seluruh atlet sebesar Rp130,5 miliar. Sementara bonus yang diberikan kepada para pelatih dan asisten pelatih Rp32 miliar.

"Sebuah angka yang tidak sedikit. semoga ini memberikan inspirasi dan memberikan motivasi kepada atlet yang lain nantinya di ajang internasional apapun untuk bisa mengharumkan nama bangsa dan negara," harap Jokowi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Komentar Menpora

Menpora Zainudin Amali menyebut prestasi yang ditorehkan pada SEA Games 2021 Vietnam ini akan dijadikan catatan penting sebagai dasar penentuan kebijakan olahraga prestasi, terutama dalam pengiriman atlet di multievent.

Menurutnya, dalam SEA Games ke-31 Vietnam, pihaknya telah merubah pradigma pengiriman kontingen. Pada SEA Games sebelumnya, partisipasi lebih berorientasi pada kuantitas dimana berusaha mengirim kontingen dalam jumlah banyak dan berambisi mengikuti semua cabang olahraga serta nomor yang dipertandingkan.

"Pada SEA Games Vietnam XXXI ini, kita rubah, kita berorientasi pada kualitas yaitu hanya atlet yang benar-benar bisa diprediksi dapat menyumbang medali yang dikirim serta yang dipersiapkan untuk bisa mengikuti jenjang multi event dalam tingkatan yang lebih tinggi dan kompetitif yakni Asian Games dan Olimpiade," ungkapnya.

3 dari 3 halaman

Rincian Bonus

Medali Emas

Tunggal: Rp500 juta

Ganda: Rp400 juta

Beregu: Rp350 juta

 

Medali Perak

Tunggal: Rp300 juta

Ganda: Rp240 juta

Beregu: Rp210 juta

 

Medali Perunggu

Tunggal: Rp150 juta

Ganda: Rp120 juta

Beregu: Rp105 juta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.