Sukses

Bos Formula E Nyatakan Jakarta E-Prix 2022 Siap Digelar

Chief Championship Officer Formula E Alberto Longo memastikan ajang balap mobil listrik Jakarta e-Prix 2022 siap digelar Sabtu (4/6/2022).

Liputan6.com, Jakarta - Chief Championship Officer Formula E Alberto Longo memastikan ajang balap mobil listrik Jakarta e-Prix 2022 siap digelar Sabtu (4/6/2022).

Kesiapan balapan ditandai dengan uji coba sirkuit yang dilakukan tim pebalap di Jakarta e-Prix International Circuit (JIEC), Jakarta Utara, sehari sebelum balapan.

"Kami sangat siap, sebenarnya lima menit lalu kami telah siap melakukan shakedown, yang berarti mobil ada dalam trek," ujar Longo.

Shakedown atau kesempatan uji coba mobil di sirkuit dijadwalkan berlangsung selama 15 menit pada pukul 15.30-15.45 WIB. Sementara, latihan bebas bagi para pebalap akan berlangsung pada Sabtu pagi.

"Apa yang kami inginkan selama kurang lebih tiga tahun, jadi sejak September 2019 pertama kali kami bertemu, kami menanti momen ini," kata salah satu pendiri Formula E tersebut.

Turut mendampingi Longo Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Ketua Panitia Pelaksana (Organizing Commitee) Formula E Jakarta Ahmad Sahroni.

Senada dengan Alberto, Anies menyatakan secara teknis Jakarta e-Prix siap digelar. Dia berharap lomba dapat berjalan dengan baik.

"Kita berharap tidak ada kejutan-kejutan, semuanya berjalan sesuai rencana," ucap Anies.

Sejumlah perwakilan tim balap mengatakan bersemangat untuk beradu kecepatan dengan mobil yang telah disiapkan. Salah satunya Thomas Chevaucher dari DS Techeetah yang percaya diri.

"Saya sangat senang di Indonesia sangat baru, tempat yang sangat menarik untuk melaksanakan Formula E," ujar Chevaucher.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pembalap Berdarah Indonesia

Pembalap Mercedes EQ Formula E Team Nyck de Vries juga antusias menghadapi Jakarta e-Prix 2022. Dia berjanji mengerahkan kemampuan maksimal demi meraih hasil terbaik.

De Vries mendapat sambutan hangat selama di Jakarta. Pasalnya, sosok berusia 27 tahun ini memiliki darah Indonesia dari kakek.

Dukungan masyarakat Tanah Air pun menambah semangatnya pada balapan nanti. "Walaupun ini bukan balapan kandang, tapi saya merasa di rumah sendiri," kata De Vries pada Meet and Greet di Heineken Greener Bar, ASHTA District 8, Kamis (3/6/2022).

Status sebagai juara bertahan Formula E juga membuatnya dielu-elukan. Meski begitu, De Vries gagal memulai musim 2021/2022 dengan baik. Setelah memenangkan balapan pertama di Arab Saudi, dia gagal naik podium pada enam lomba selanjutnya.

Namun De Vries bangkit pada ajang kedua di Berlin. Torehan tersebut menempatkannya di peringkat enam klasemen sementara. Memiliki 65 poin, dia tertinggal 46 angka dari pemuncak tabel rekan setim Stoffel Vandoorne.

"Kami tidak mampu meraih hasil bagus meski tahu punya tim dan mobil bagus. Saya juga bukan pecundang. Tapi kerap ada masalah yang di luar kontrol seperti pada balapan pertama Berlin," ungkap De Vries.

"Semoga kami bisa menjaga momentum dan membuat Anda semua bangga," sambungnya.

3 dari 3 halaman

Rangkaian Kegiatan

Rangkaian acara Formula E Jakarta pada 4 Juni 2022 mendatang terdiri dari sesi latihan bebas pertama akan dilangsungkan pada pukul 07.15–07.55 pagi WIB.

Berlanjut pada sesi latihan bebas kedua yang akan dihelat pada pukul 08.55–09.40 pagi WIB. Usai sesi latihan bebas, para pembalap akan menghadapi sesi kualifikasi.

Sesi kualifikasi sendiri akan berlangsung pada pukul 10.40 -11.55 WIB. Lalu pada pukul 13.00-14.00 WIB akan diisi pertunjukkan musik dengan balapan dimulai pukul 15.04 WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.