Sukses

Liverpool vs Real Madrid, Jurgen Klopp: Final Liga Champions untuk Masyarakat Ukraina

Liputan6.com, Jakarta - Manajer Liverpool Jurgen Klopp mendedikasikan final Liga Champions 2021/2022 melawan Real Madrid di Paris kepada orang-orang Ukraina dan menyatakan dukungan untuk negara itu melawan invasi Rusia. 

Pertandingan yang awalnya dijadwalkan di Gazprom Arena St Peterburg ini dipindahkan ke Stade de France setelah invasi Rusia pada 24 Februari.

“Saya senang bahwa permainan ada di sini karena ribuan alasan,” kata Klopp dilansir dari Reuters.com, Sabtu (28/5/2022). “Perang masih berlangsung dan kita harus memikirkannya.” 

“Kami memainkan final ini untuk semua orang di Ukraina. Saya yakin beberapa orang di Ukraina masih bisa menontonnya dan kami melakukannya untuk anda, 100 persen,” kata Klopp. 

Liverpool berharap bisa memenangkan trofi ketiga musim ini setelah sukses di Piala Liga Inggris dan Piala FA. Sementara Real Madrid berusaha untuk menambah kesuksesan menduduki takhta La Liga dan meraih mahkota Liga Champions ke-14 sepanjang sejarah.

2 dari 3 halaman

Kabar Baik

Pada kesempatan yang sama, Klopp juga mengumumkan kabar bahagia menjelang final Liga Champions melawan Real Madrid. Dua gelandangnya, Fabinho dan Thiago Alcantara, telah pulih dan bisa tampil.

Kedua pemain itu masuk dalam skuad Liverpool yang akan dibawa ke ibu kota Prancis. “Suasananya bagus, sangat bagus,” kata Klopp. “Kami semua sangat bersemangat berada di sini.” 

“Kelihatannya bagus untuk keduanya. Fabinho berlatih benar-benar normal, Thiago berlatih kemarin dan hari ini jadi kami pergi dari sana.” 

Fabinho dan Thiago merupakan pemain penting yang membawa kesuksesan Liverpool musim ini. Pasukan Jurgen Klopp berhasil memenangkan Piala FA, Piala EFL, dan menyelesaikan satu poin di belakang juara Liga Premier, Manchester City. 

3 dari 3 halaman

Final Liga Champions

Dua tim raksasa dan sukses dalam sejarah Eropa, Liverpool dan Real Madrid akan bertemu di final untuk ketiga kalinya di Stade de France, Minggu (29/5/2022). 

Dari catatan pertemuan kedua tim, sudah delapan kali Liverpool dan Real Madrid bertemu. Terakhir mereka berjumpa di babak perempat final Liga Champions musim 2018.Kala itu Liverpool harus gigit jari menelan kekalahan atas Real Madrid dengan skor 1-3. 

Atas prestasi tersebut, Liverpool telah menjadi juara Eropa sebanyak enam kali dan dalam babak final Liga Champions mendatang mengincar trofi ketujuh sedangkan Real Madrid memburu gelar ke-14 di kompetisi sepak bola Eropa. 

 

Penulis: Jesslyn Koesman