Sukses

Emas SEA Games 2021 Bakar Semangat Timnas Basket Indonesia Hadapi FIBA Asia Cup

Liputan6.com, Jakarta - Timnas basket Indonesia berhasil menyabet medali emas SEA Games 2021 setelah mengalahkan Filipina dengan skor 85-81 di final. Ketua NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari berharap emas SEA Games dapat dijadikan suntikan motivasi untuk kejuaraan selanjutnya. 

“Ini sejarah baru dari basket. Yang bisa menang lawan Filipina. Khusus untuk basket, perasaanya seperti nomor satu saja. Jadi medali emas dari basket ini menjadi sebuah euforia bagi kita semua,” terang Okto dilansir dari laman resmi federasi.

Setelah SEA Games, Timnas basket Indonesia akan berlaga kembali di FIBA Asia Cup 2021 yang berlangsung pada 12-24 Juli 2022 di Jakarta, Indonesia. Untuk mempersiapkan raihan terbaik, Arki Dikania Wisnu dan kawan-kawan akan terlebih dulu terbang ke Australia. 

Sebanyak 16 pemain berangkat ke Negeri Kangguru untuk mengikuti pemusatan latihan. Manajer timnas Jeremy Imanuel Santoso menjelaskan timnas akan coba membenahi kekurangn yang terlihat di SEA Games Vietnam pada pemusatan latihan nanti.

“Kami akan memperbaiki apa yang kurang pada ajang ini saat TC di Australia. Harapannya medali emas SEA Games ini bisa menjadi bensin untuk berprestasi baik lagi di FIBA Asia bulan Juli mendatang,” terang Jeremy.

2 dari 4 halaman

Apresiasi dan Bonus

Menpora Zainudin Amali menyebutkan bahwa apresiasi berupa bonus kepada para atlet dan pelatih di ajang multievent sudah diatur dalam regulasi. 

“Karena ini multi event yang ada di dalam aturan dan regulasi kita. Insyaallah Bapak Presiden Joko Widodo akan memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada para atlet dan para pelatih, sama dengan SEA Games, Asian Games, dan Olimpiade yang lalu. Karena ini multievent jadi sudah ada aturan yang mengatur itu Insyaallah tinggal tunggu waktunya saja,” jelas Menpora Amali. 

3 dari 4 halaman

Beban Berat di FIBA Asia Cup

Di Piala Asia Cup 2021 yang akan dilangsungkan di Jakarta, timnas basket Indonesia dibebani beban yang berat. Mereka ditargetkan masuk delapan besar agar bisa tampil di FIBA World Cup 2023. 

Timnas basket Indonesia tergabung dalam Grup A yang berisi Arab Saudi, Yordania, dan Australia.

4 dari 4 halaman

Klasemen Indonesia di SEA Games 2021

Kontingen Indonesia yang berlaga di SEA Games 2021, Hanoi, Vietnam berhasil menduduki posisi ketiga klasemen medali. Indonesia mendapatkan 69 emas, 92 perak, dan 80 perunggu. 

 

Penulis: Jesslyn Koesman