Sukses

Pecahkan 3 Rekor, Rahmat Erwin Abdullah Rebut Emas SEA Games 2021

Liputan6.com, Jakarta- Prestasi luar biasa ditorehkan lifter Indonesia Rahmat Erwin Abdullah di SEA Games 2021. Pada Sabtu (21/5/2022) Rahmat merebut emas cabang olahraga angkat besi putra kelas 73 kg. 

Bertanding di Hanoi Sports Training and Competition Center, Nhon Town, Nam Tu Liem District, Rahmat  Erwin Abdullah tak sekadar meraih medali emas. Tapi dia juga memecahkan tiga rekor sekaligus. 

Atlet angkat besi peraih perunggu Olimpiade Tokyo 2020 ini mampu memecahkan rekor Snatch SEA Games dengan berat 150 kg pada percobaan kedua. Selanjutnya pada percobaan ketiga, Rahmat kembali memecahkan rekor SEA Games yang baru dipecahkan. Rekor SEA Games terbaru pada percobaan ketiga Rahmat adalah 155 kg.

Pesaing terdekatnya, adalah Erry Hidayat asal Malaysia dengan 143 kg dan Doungsri Anucha asal Thailand dengan 140 kg.

Berikutnya pada Clean & Jerk, Rahmat kembali mampu pecahkan rekor SEA Games dengan 190 kg. Kompetitornya, Anucha mampu mengangkat 181 kg dan Erry 173 kg.

 

2 dari 3 halaman

Susul Eko Yuli

Pemuda 21 tahun itu juga pecahkan rekor SEA Games untuk total angkatan dengan 345 kg. Yang menjadi peringkat kedua, Anucha raih total angkatan 321 kg dan Erry 316 kg.

Emas dari Rahmat Erwin Abdullah membuat cabor angkat besi sudah mengoleksi dua emas di SEA Games 2021. Sehari sebelumnya atlet senior Eko Yuli Irawan juga mendapat emas di kelas 61 kg putra. 

3 dari 3 halaman

Ucapan Selamat

“Selamat kepada Rahmat Erwin Abdullah yang berhasil meraih medali emas dan juga memecahkan rekor SEA Games untuk angkat besi 73 kg. Ini merupakan hal yang sangat membanggakan untuk Indonesia,” kata Ketua Umum (Ketum) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI Purn Marciano yang hadir secara langsung menyaksikan.

Marciano juga sampaikan terima kasih kepada jajaran pelatih dan Pengurus Besar Perkumpulan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PB.PABSI) yang telah bekerja keras mempersiapkan atlet.

“Prestasi Rahmat Erwin Abdullah dan atlet-atlet angkat besi lainnya yang juga berprestasi, tidak lepas karena kerja keras para pelatih, ofisial dan PB.PABSI, oleh karenanya, saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya,” sambungnya.