Sukses

Jadwal MotoGP Italia 2022: Fabio Quartararo Kembali Berjaya di Mugello?

Fabio Quartararo gagal mempertahankan keunggulan pada MotoGP Prancis. Pembalap Monster Energy Yamaha ini bakal makin kesulitan karena seri berikuynya berlangsung di rumah pesaing.

Liputan6.com, Jakarta - Fabio Quartararo gagal mempertahankan keunggulan pada MotoGP Prancis. Pembalap Monster Energy Yamaha ini bakal makin kesulitan karena seri berikuynya berlangsung di rumah pesaing.

Quartararo masih memimpin klasemen sementara MotoGP 2022 usai menduduki posisi empat balapan di Prancis. Namun, dia kini hanya unggul empat poin dari rival terdekat pembalap Aprilia Aleix Espargaro.

Sang pesaing bakal makin mengancam karena ajang selanjutnya berlangsung di Italia, kandang Aprilia. Para pembalap lokal dan tim Negeri Piza tersebut juga pasti bersemangat memburu Quartararo. Dua nama yang layak disebut adalah Enea Bastianini dan Francesco Bagnaia.

Bastianini memenangkan ajang ketiga musim ini di Le Mans. Capaian ini membuatnya memangkas defisit dari Quartararo menjadi delapan poin.

Bagnaia juga berambisi menebus dosa. Tampil dominan di Prancis sebelum melakukan kesalahan yang membuatnya gagal finis, pembalap Ducati Lenovo tersebut bertekad berjaya di rumah sendiri agar tidak makin tertinggal pada persaingan juara dunia.

"Saya kehilangan 20 atau 25 angka. Saya tidak bakal merebut gelar jika terus melakukan kesalahan konyol seperti ini. Waktunya bagi saya untuk lebih dewasa," ungkap Bagnaia, dilansir Crash.

Meski dikepung pembalap dan pabrikan Italia, Quartararo tidak lekas patah semangat. Pasalnya, dia memenangkan balapan di Mugello tahun lalu. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penghormatan untuk Rossi

Selain persaingan, helatan MotoGP Italia nanti terasa lebih istimewa. Pasalnya, ada upacara pensiunnya nomor 46 milik sang legenda Valentino Rossi. 

"Upacara pensiun akan berlangsung di jalur utama pada hari Sabtu, tepat sebelum kualifikasi. Rossi akan hadir saat warisannya dihormati dan nomornya dipensiunkan, setelah menggunakan nomor 46 selama 26 musim yang sukses, menciptakan salah satu nomor balap yang paling dikenal dalam olahraga global," tulis keterangan resmi Dorna.

"The Doctor meraih sembilan gelar juara dunia, 115 kemenangan, dan 235 podium di semua kelas. Dia memainkan peran kunci dalam mendefinisikan ulang olahraga ini untuk jutaan penggemar di seluruh dunia."

"Pensiun pada akhir musim 2021, Rossi dilantik ke dalam Hall of Fame MotoGP di Valencia dan nomornya sekarang akan bergabung dengannya," tutup Dorna.

Manuver MotoGP berbeda dengan kehendak Rossi. Sosok asal Italia itu tidak ingin nomor 46 pensiun setelah dirinya gantung helm.

"Saya adalah saya tidak suka nomor 46 dipensiunkan. Saya lebih suka nomor ini tetap ada dan jika beberapa pembalap lain ingin mengambil nomor itu, mereka bisa," tukasnya. 

MotoGP sebelumnya sudah memesiunkan sejumlah nomor, yakni 58 milik Marco Simoncelli, 69 kepunyaan Nicky Hayden, dan 34 dari Kevin Schwantz.

3 dari 3 halaman

Jadwal MotoGP Italia

Jumat, 27 Mei 2022

14.55-15.40 WIB: Latihan Bebas 1

19.10-19.55 WIB: Latihan Bebas 2

 

Sabtu, 28 Mei 2022

14.55-15.40 WIB: Latihan Bebas 3

18.30-19.00 WIB: Latihan Bebas 4

19.10-19.25 WIB: Kualifikasi 1

19.35-19.50 WIB: Kualifikasi 2

 

Minggu, 29 Mei 2022

14.40-15.00 WIB: Pemanasan

19.00 WIB: Balapan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.