Sukses

Prediksi Timnas U-23 Indonesia vs Myanmar di SEA Games 2021: Hidup Mati Garuda Muda

Liputan6.com, Viet Tri - Timnas Indonesia U-23 menghadapi laga hidup mati melawan Myanmar pada laga pamungkas Grup A SEA Games 2021 di Viet Tri Stadium, Minggu (15/5/2022).

Kedua tim sama-sama mengoleksi enam angka dari tiga pertandingan. Namun, timnas U-23 Indonesia memiliki produktivitas gol lebih baik (+4 berbanding +1). Artinya, anak asuh Shin Tae-yong cukup bermain imbang untuk menggenggam tiket semifinal SEA Games Vietnam.

Garuda Muda di atas angin setelah sukses mencetak masing-masing empat gol di dua partai terakhir. Padahal mereka sempat minus tiga di duel pembuka.

Situasi ini tidak lepas dari instruksi Shin Tae-yong. Dia meminta seluruh anak asuhnya untuk berkontribusi menyumbang gol. Sosok berusia 52 tahun itu menilai beban tersebut bukan cuma tugas penyerang saja.

"Permainan sepak bola yang saya inginkan mengandalkan semua pemain, jadi tidak harus mengandalkan penyerang untuk mencetak gol. Bek pun tidak hanya bertahan dan striker menyerang saja. Semua posisi bisa mencetak gol," ungkap Shin Tae-yong, dilansir situs resmi PSSI.

Dengan pendekatan tersebut, bisa dipastikan Shin Tae-yong tidak bakal menginstruksikan timnas U-23 mengincar hasil imbang. Kemenangan wajib dipetik, sekaligus untuk mengangkat semangat sebelum menghadapi siapa pun lawan nanti di semifinal.

"Kami fokus melawan Myanmar. Kami tentu ingin meraih kemenangan dan lolos semifinal," kata Shin Tae-yong.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Perkiraan Pemain

Shin Tae-yong diprediksi tetap bakal menggunakan formasi 4-2-3-1 pada laga melawan Myanmar. Posisi kiper utama masih menjadi milik Ernando Ari. Sementara Asnawi Mangkualam, Rizky Ridho, Fachrudin Aryanto, dan Alfreandra Dewangga tampil sebagai penghuni lini belakang.

Perubahan berpotensi hadir di lini tengah. Salah satu dari Marc Klok, Syahrian Abimanyu, dan Ricky Kambuaya berpotensi terkena rotasi karena padatnya jadwal. Strategi ini membuka pintu bagi Rachmat Irianto untuk masuk.

Begitu pula di lini depan. Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman kemungkinan tetap jadi starter. Namun, patut ditunggu apakah gol ke gawang Filipina cukup bagi Muhammad Ridwan untuk meyakinkan Shin Tae-yong agar mempertahankannya di tim utama.

 

Perkiraan Pemain

Indonesia (4-2-3-1): Ernando Ari; Asnawi Mangkualam, Rizky Ridho, Fachruddin Aryanto, Alfeandra Dewangga; Marc Klok, Syahrian Abimanyu; Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman, Ricky Kambuaya; Muhammad Ridwan

Myanmar (4-4-2): Pyae Phyo Thu; Hein Zeyar Lin, Seo Moe Kyaw, Thet Hein Soe, Yan Kyaw Soe; Lwin Moe Aung, Myat Kaung Khant, Aung Wunna Soe, Zaw Win Thein; Htet Phyoe Wai, Win Naing Thun

3 dari 3 halaman

Hasil, Jadwal, dan Klasemen

Jumat, 6 Mei 2021 (19.00 WIB)

Indonesia vs Vietnam

Lokasi: Stadion Viet Tri

Hasil: 0 (Indonesia) - 3 (Vietnam)

 

Selasa, 10 Mei 2021 (19.00 WIB)

Indonesia vs Timor Leste

Lokasi: Stadion Viet Tri

Hasil: 4 (Indonesia) - 1 (Timor Leste)

 

Jumat, 13 Mei 2021 (16.00 WIB)

Indonesia vs Filipina

Lokasi: Stadion Viet Tri

Hasil: 4 (Indonesia) - 0 (Filipina)

 

Minggu, 15 Mei 2022 (16.00 WIB)

Indonesia vs Myanmar

Lokasi: Stadion Viet Tri

Hasil: TBA

 

Grup A

 No. Tim  W D GF  GA  Point 
 1. Vietnam 2 4 0
 2. Indonesia 1 6
 3. Myanmar 2 0 1 6
 4. Filipina  1 2
 5. Timor Leste  3 11