Sukses

Daftar Penyumbang Medali Indonesia di SEA Games 2021 Hanoi, Jumat 13 Mei 2022

Liputan6.com, Jakarta Atlet-atlet Indonesia terus berjuang menambah koleksi medali di ajang SEA Games 2021 Hanoi. Hingga sore ini, Jumat (13/5/2022) pukul 16.30, setidaknya 2 keping emas kembali direbut tim Merah Putih.

Selain itu, tim Merah Putih juga mendapat tambahan 3 perak dan 1 perunggu. Dengan hasil ini, Indonesia masih tertahan di urutan ketiga klasemen medali dengan 5 emas, 8 perak, dan 2 perunggu.

Vietnam berada di urutan teratas dengan 16 emas, 9 perak, dan 13 perunggu. Sementara posisi kedua ditempai negeri Jiran Malaysia, dengan koleksi 11 medali emas, 4 perak, dan 6 medali perunggu.

Dua emas Indonesia diraih dari cabang olahraga rowing. Emas pertama direbut Mahendra Yanto/Ali Buton/Ferdiansyah/Denri Maulidzar Alghiffari yang tampil di nomor Rowing-Men’s Lightweight Four.

Di babak final yang berlangsung di Thuy Nguyen Boat Racing Center, Hai Phong, Yanto Cs berhasil  mencatat waktu tercepat yakni, 06 menit 47.729 detik. Sementara Vietnam yang meraih perak hanya terpaut kurang lebih lima detik. Sedangkan medali perunggu akhirnya jatuh ke tangan Filipina.

Cabang olahraga  rowing kembali menambah satu medali emas lewat nomor  Men’s Lightweight Quadruple Sculls yang diikuti Ali Mardiansyah, Kakan Rusmana, Ihram, dan Ardi Isadi.

Sementara 1 medali perak dipersembahkan Melani Putri, Anggi Widiarti, Nurtang, dan Mutiara Rahma Putri yang tampil di nomor Women’s Lightweight Quadruple Sculls. Di babak final, mereka kalah dari wakil tuan rumah, Vietnam yang berhasil finis terdepan dengan catatan waktu 11.326 menit. 

Simak juga update daftar peraih medali Indonesia di SEA Games 2021 pada halaman selanjutnya.

 

 

 

2 dari 4 halaman

Daftar Peraih Medali Indonesia di SEA Games 2021

 15/5/2022

 

Medali Emas

1. Mahendra Yanto/Ali Buton/Ferdiansyah/Denri Maulidzar Alghiffari (Rowing-Men’s Lightweight Four)

2. Ali Mardiansyah/Kakan Rusmana/Ihram/Ardi Isadi (Rowing-Men’s Lightweight Quadruple Sculls)

 

Perak

1. Melani Putri/Anggi Widiarti/Nurtang/Mutiara Rahma Putri (Rowing-Women’s Lightweight Quadruple Sculls)

2. Julianti/Chelsea Corputty (Rowing-Women’s Pair)

3. Nandhira Mauriskha (Wushu-Women’s Jianshu)

 

Perunggu

Seraf Naro Siregar (Wushu-Men’s Changquan)

3 dari 4 halaman

Sebelumnya

Emas

Kakan Kusmana dan Ardi Isadi (Rowing-Lightweight Men’s Double Sculls)

Sulfianto dan La Memo (Rowing-Men’s Double Sculls)

Ririn Rinasih dan Riska Hermawan (Pencak Silat-seni ganda putri)

 

Perak

Puteri Agni Anugerah, Dewi Purwanti, Maslin Efrilia, Annisa Meilani Yahya (Rowing-W4X)

Puspa Arum Sari (Pencak Silat-tunggal seni putri)

Anggi Faisal Mubarok, Asep Yuldan Sani, dan Nunu Nugraha (Pencak silat-Men's Artistic Team/Trio)

 

Perunggu

Nadya Nakhoir (kick boxer-full contact -48 kg)

4 dari 4 halaman

Kekuatan Indonesia

SEA Games 2021 berlangsung di Hanoi, Vietnam. Setelah sempat tertunda akibat pandemi COVID-19, ajang olahraga multi cabang se Asia Tenggara ini, bakal dibuka secara resmi, Kamis (12/5/2022).

Pada SEA Games ke-31 ini, Indonesia mengirimkan 499 atlet dari 31 cabang olahraga. Jumlah ini berkurang dibanding ajang sebelumnya yang berlangsung di Filipina 2019 lalu. Saat itu, Indonesia diperkuat oleh 841 atlet dari 52 cabang olahraga dan hanya mampu finis di urutan keempat.

Tidak ada target spesifik yang ditetapkan pemerintah pada SEA Games 2021, Hanoi. Sesuai dengan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yang diterbitkan Kemenpra, pesta olahraga negara-negara Asean ini hanyalah sasaran antara bagi atlet-atlet Tanah Air. Tujuan utama adalah Olimpiade.

Meski acara pembukaan belum berlangsung, sejumlah cabang olahraga sudah mulai bertanding dan memperebutkan medali. Hingga saat ini, tuan rumah Vietnam masih berada di posisi teratas dengan torehan 8 emas, 6 perak, dan 5 perunggu. Tempat kedua dihuni Malaysia dengan 8 emas, 3 perak, dan 5 perunggu. Sementara Indonesia berada di urutan ke-3 dengan 3 emas, 4 perak, dan 1 perunggu.

Ikuti update perolehan medali SEA Games 2021/2022 pada tautan ini.