Sukses

Update Perolehan Medali SEA Games 2021: Tuan Rumah Melesat, Indonesia Ketiga

Liputan6.com, Jakarta Kontingen Indonesia terus berjuang mengukir prestasi di ajang SEA Games 2021 Hanoi. Kepingan demi kepingan medali berhasil didulang atlet-atlet merah putih dari berbagai cabang olahraga (cabor).

Hingga Rabu sore (11/5/2022) pukul 15.30 WIB, setidaknya sudah delapan keping medali yang berhasil diraih kontingen Indonesia. Masing-masing terdiri atas, 3 emas, 4 perak dan 1 perunggu.

Cabang rowing jadi primadona. Emas pertama dipersembahkan oleh Kakan Kusmana dan Ardi Isadi yang berhasil menjuarai nomor Lightweight Men’s Double Sculls. Keduanya tampil gemilang dalam lomba yang berlangsung di Thuy Nguyen Hai Phong Aquatics Center, Hai Pong, Vietnam. 

Mereka mengungguli  pasangan Filipina Cris Nievarez dan Christian del Rosario yang merebut perak. Sementara medali perunggu di nomor Lightweight Men’s Double Sculls disabet atlet tuan rumah Vietnam, Nhu Dinh Nam dan Bui Van Hoan.

Rowing juga menyumbang emas kedua bagi Indonesia lewat Sulfianto dan La Memo yang tampil di nomor Men’s Double Sculls. Medali perak direbut pasangan Thailand Chanin Penthongdee dan Prem Nampratueng. Sementara perunggu direbut wakil Kamboja Chov Somrach dan Phorn Sophean.

Selain dua medali emas, Indonesia juga merebut perak dari rowing nomor  women quadruple sculls (W4X).  Puteri Agni Anugerah, Dewi Purwanti, Maslin Efrilia, Annisa Meilani Yahya keluar sebagai runner up setelah mengukir catatan waktu 7 menit 23,614 detik. Medali emas diraih oleh tim Vietnam.

 

2 dari 4 halaman

Puspa Arum Kalah Tipis

Dari cabang pencak silat, kontingen Indonesia sempat dikejutkan oleh kegagalan Puspa Arum Sari merebut emas dari nomor tunggal putri seni. Pemegang medali emas Asian Games 2018 itu harus mengakui keunggulan atlet Filipina, Mary Francine Padios Cezar yang mengumpulkan poin 9,945.

Puspa sendiri harus puas dengan medali perak setelah mencatat 9,960 poin.

Medali perak lainnya juga dipersembahkan oleh Anggi Faisal Mubarok, Asep Yuldan Sani, dan Nunu Nugraha di nomor Men's Artistic Team/Trio. Anggi, Asep, dan Nunu mengoleksi 9.945 poin, kalah dari wakil Thailand, Sobri Cheni, Abdulkarim Koolee, dan Abdulrahim Sidek, yang mengoleksi 9.960 poin.

 

3 dari 4 halaman

Emas Pencak Silat

Emas pertama dari nomor pencak silat akhirnya dipersembahkan oleh Ririn Rinasih dan Riska Hermawan yang tampil di nomor seni ganda putr. Ririn dan Riska mengumpulkan 9.925 poin, unggul atas wakil Vietnam, Thi Thu Ha Nguyen dan Thi Huyen Nguyen, yang meraih medali perak.

Sementara itu, satu-satunya medali perunggu yang diraih Indonesia dipersembahkan oleh atlet kick boxing putri, Nadya Nakhoir. Dia tampil di nomor full contact kelas -48 kg.

 

 

 

4 dari 4 halaman

Kekuatan Kontingen Indonesia

SEA Games 2021 berlangsung di Hanoi, Vietnam. Setelah sempat tertunda akibat pandemi COVID-19, ajang olahraga multi cabang se Asia Tenggara ini, bakal dibuka secara resmi, Kamis (12/5/2022).

Pada SEA Games ke-31 ini, Indonesia mengirimkan 499 atlet dari 31 cabang olahraga. Jumlah ini berkurang dibanding ajang sebelumnya yang berlangsung di Filipina 2019 lalu. Saat itu, Indonesia diperkuat oleh 841 atlet dari 52 cabang olahraga dan hanya mampu finis di urutan keempat.

Tidak ada target spesifik yang ditetapkan pemerintah pada SEA Games 2021, Hanoi. Sesuai dengan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yang diterbitkan Kemenpra, pesta olahraga negara-negara Asean ini hanyalah sasaran antara bagi  atlet-atlet Tanah Air. Tujuan utama adalah Olimpiade.

Meski acara pembukaan belum berlangsung, sejumlah cabang olahraga sudah mulai bertanding dan memperebutkan medali. Hingga saat ini, tuan rumah Vietnam masih berada di posisi teratas dengan torehan 8 emas, 6 perak, dan 5 perunggu. Tempat kedua dihuni Malaysia dengan 8 emas, 3 perak, dan 5 perunggu. Sementara Indonesia berada di urutan ke-3 dengan 3 emas, 4 perak, dan 1 perunggu.

Ikuti update perolehan medali SEA Games 2021/2022 pada tautan ini.