Sukses

Erling Haaland Merapat ke Manchester City, Begini Tanggapan Jurgen Klopp

Liputan6.com, Jakarta Manajer Liverpool Jurgen Klopp ikut menanggapi kabar kepindahan Erling Haaland ke Manchester City. Rival The Reds di Liga Inggris itu memang sudah santer dikaitkan dengan wonderkid Norwegia jelang bursa transfer musim panas mendatang.

Dilansir dari Metro, Klopp menilai kedatangan Haaland akan menciptakan level baru dalam jendela transfer sepak bola. Pelatih asal Jerman itu juga menyebut kehadiran sang pemain tak bakal melemahkan performa The Citizens.

“Saya tahu saat ini banyak orang yang akan berbicara soal uang. Namun, transfer (Haaland ke City) akan menciptakan level baru, izinkan saya mengatakan demikian” ujar Klopp seperti dikutip dari Metro.

“Jika Erling Haaland pergi ke sana (Manchester City), itu tidak akan melemahkan mereka. Tentu saja tidak,” sambung juru taktik berusia 54 tahun tersebut.

Haaland bukanlah pemain murah. Ia masih terikat kontrak dengan Borussia Dortmund hingga Juni 2024. Bintang kelahiran tahun 2000 itu pun memiliki klausul pelepasan senilai 64 juta poundsterling di Signa Iduna Park.

Kendati demikian, Manchester City nampaknya rela menggelontorkan dana senilai lebih dari 200 juta poundsterling demi menebus Haaland. Klub yang ditukangi oleh Pep Guardiola itu juga kabarnya bakal memberi gaji mahal bagi sang pemain.

Menurut laporan, Haaland mendapat bayaran sekitar 500.000 poundsterling per pekan di Etihad. Hal ini membuatnya masuk dalam jajaran pemain dengan gaji termahal, serta menjadikannya setara dengan bintang Manchester City, Kevin De Bruyne.

2 dari 3 halaman

Striker Tajam

Haaland memang merupakan salah satu striker muda paling tajam di kancah sepak bola Eropa. Tak heran jika klub-klub besar mulai menaruh minat dan bersaing mengamankan jasa sang pemain, jelang bursa transfer musim panas.

Sebelum bergabung dengan Borussia Dortmund, Haaland sempat merumput bersama RB Salzburg. Ia hengkang dari Red Bull Arena pada 2020, usai Borussia Dortmund mengungguli Manchester United (MU) dalam perburuan tanda tangannya.

Mengutip laporan Metro, Haaland sukses membuktikan kualitas sebagai bomber papan atas dalam dua setengah musim terakhir. Ia tercatat telah membukukan 85 gol dari total 88 pertandingan bersama klubnya musim ini.

Haaland juga telah mengoleksi total 154 gol sepanjang kariernya di level klub. Bersama Timnas Norwegia, Haaland pun tampil gemilang. Pemain berusia 21 tahun tersebut sukses menjebol gawang lawan 15 kali dalam 17 penampilan untuk negaranya.

Jika tak ada aral melintang, kepindahan Haaland ke Manchester City kemungkinan akan disegel dalam waktu dekat. Klub yang tengah menghuni puncak klasemen Liga Inggris itu konon akan menghadiahi kesepakatan lima musim untuk sang pemain.

Kedatangan Erling Haaland tak pelak bakal menyebabkan perubahan radikal dalam skuad Manchester City. Pasalnya, The Citizens kerap bermain tanpa penyerang tengah yang diakui dalam sejumlah pertandingan musim ini.

Manchester City sempat tertarik memboyong Harry Kane dari Tottenham Hotspur musim lalu. Akan tetapi, rencana tersebut gagal terealisasi, sehingga City mengalihkan pandangannya pada mesin pencetak gol Die Borussen.

3 dari 3 halaman

Pasrah

Borussia Dortmund sudah pasrah menanggapi kelanjutan karier Haaland. Petinggi Die Borussen Sebastian Kehl menyebut keputusan soal masa depan sang pemain akan diungkap pekan depan. Kehl pun mengaku tak terkejut jika Haaland memilih untuk hengkang dari Signal Iduna Park pada musim panas.

“(Saya mengharapkan) kejelasan (soal masa depan Haaland) dalam pekan depan. Saya tidak akan terkejut jika pada akhirnya dia pindah,” ujar Kehl di SPORT1, seperti dilansir dari Metro.

Selaras dengan pernyataan tersebut, laporan lain juga mengeklaim Manchester City akan meresmikan transfer Haaland pekan ini. Kabar itu seolah mengakhiri spekulasi soal klub tujuan Haaland. Pasalnya, sang pemain juga sempat dikaitkan dengan Real Madrid, Barcelona, Chelsea, dan Manchester United.

Adapun Bercelona pernah mengambil langkah khusus demi mengontrak Erling Haaland. Juru taktiknya Xavi Hernandez dilaporkan terbang ke Jerman sekitar Maret lalu, untuk membujuk sang pemain agar hijrah ke Camp Nou.

Namun, kondisi keuangan Blaugrana membuat klub tersebut tak mampu melanjutkan persaingan dengan sang raksasa Liga Premier. Krisis yang dialami Barca juga sempat diungkap oleh Xavi pada Senin lalu.

“Saya tidak akan mengatakan (itu hanya karena uang). Saya tidak akan meremehkan proyek klub lain. Kami bukan satu-satunya klub dengan proyek bagus. City telah memenangkan banyak gelar dan bersaing di puncak. Akan tetapi, jika apa yang Anda katakan terjadi (Barca kehilangan Haaland), itu karena masalah keuangan,” ujarnya seperti dikutip dari Mirror.