Sukses

Jurgen Klopp Tanda Tangani Kontrak Baru di Liverpool, Mohamed Salah Bakal Menyusul?

Jurgen Klopp resmi memperpanjang masa baktinya di Liverpool pada Kamis (28/4/2022) lalu. Pelatih asal Jerman ini menilai kontrak barunya kemungkinan bakal menjadi faktor penting yang berguna untuk mengikat Mohamed Salah dengan kesepakatan baru di Anfield.

Liputan6.com, Jakarta - Jurgen Klopp baru saja memperpanjang masa baktinya di Liverpool pada Kamis (28/4/2022) lalu. Manajer asal Jerman ini dipastikan bakal berada di Anfield hingga Juni 2024. Kontrak Klopp sejatinya masih berlangsung hingga penghujung musim 2023/2024.

Namun, The Reds memutuskan untuk menghadiahi kontrak baru lantaran sang pelatih dinilai berhasil mengembalikan kejayaan Liverpool. Kepastian ini menghapus kekhawatiran fans terkait masa depan Klopp. Pasalnya, sejumlah klub besar sempat dikabarkan tergiur memakai jasanya.

Perpanjangan kontrak Jurgen Klopp nampaknya tak hanya berdampak bagi para penggemar. Manajer berusia 54 tahun itu menilai kesepakatan barunya bisa menjadi aspek penting yang berguna untuk mengikat Mohamed Salah dengan kontrak baru di Liverpool.

Seperti yang telah diketahui, masa kerja Salah di Liverpool akan berakhir pada Juni 2023. The Reds tentu tak ingin kehilangan mesin pencetak golnya dengan status bebas transfer. Akan tetapi, Salah hingga kini belum menyegel kontrak baru dengan pihak klub.

Laporan pada awal bulan ini mengeklaim sang pemain tengah menjalani masa-masa a lot. Diskusinya dengan Liverpool tak kunjung mengalami kemajuan. Pemain asal Mesir itu dikabarkan sempat meminta kenaikan gaji. Sayangnya, sang raksasa Liga Inggris belum mampu memenuhi persyaratan tersebut.

Adapun Salah merupakan pemain penting dalam skuad asuhan Jurgen Klopp. Ia bahkan diganjar penghargaan FWA Player of The Year 2021-22 berkat penampilannya yang impresif sepanjang musim ini. Salah diketahui telah mencetak 30 gol di semua kompetisi.

“Ini lebih cocok ditanyakan kepada para pemain, tetapi tidak apa-apa. Saya benar-benar berpikir mereka hebat. Mereka punya lebih banyak hal untuk dipikirkan selain soal manajemen. Namun, itu (perpanjangan kontrak di Liverpool) adalah hal yang penting,” ujar sang pelatih kala ditanya soal dampak penandatanganan kontrak barunya pada masa depan Mohamed Salah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Salah di Liverpool

Salah diketahui telah menjadi pemain kunci di balik kesuksesan Liverpool sejak kedatangannya dari AS Roma pada musim panas 2017. Ia menduduki takhta sebagai top skor sementara Liga Inggris musim ini, usai menjebol gawang lawan sebanyak 22 kali.

Salah juga berhasil mengangkat sejumlah trofi bergengsi bersama skuad asuhan Jurgen Klopp. Mereka tercatat telah memenangkan trofi Liga Premier, Liga Champions, Piala Liga Inggris, Piala Dunia Antarklub, hingga Piala Super Eropa.

Pentingnya peran Salah di Liverpool membuat pihak klub menyodorkan kontrak baru untuk sang pemain pada akhir tahun lalu. Sayangnya, perwakilan Salah menolak mentah-mentah tawaran tersebut dan ogah melanjutkan perundingan jika Liverpool tak mampu memenuhi permintaan kliennya.

Salah sebenarnya merupakan salah satu pemain dengan bayaran tertinggi di Liverppol. Menurut laporan Mirror, pemain asal Mesir ini mendapat bayaran kurang lebih 200.000 poundsterling per pekan. Akan tetapi, jika merujuk pada pemain-pemain produktif lain di Liga Inggris, gaji Salah memang masih tertinggal.

3 dari 4 halaman

Masa Depan Salah

Salah sebelumnya sempat dikabarkan makin dekat dengan perpanjangan kontrak di Liverpool. Melansir laporan Liputan6.com pada awal April, penggawa internasional Mesir itu bersedia menurunkan tuntutannya dan melakukan negosiasi ulang dengan pihak klub.

Akan tetapi dalam wawancara setelahnya, Salah justru mengisyaratkan dirinya tidak yakin bakal memperpanjang kontrak bersama The Reds. Walau begitu, ia bertekad tetap tampil profesional dan membantu klub meraih trofi.

“Saya tidak bisa mengatakan ya, (dan) saya juga tidak bisa mengatakan tidak. Saya sudah berkali-kali mengatakan apa yang saya inginkan. Akan tetapi, saya tidak bisa membahas soal kontrak secara mendalam saat ini, karena itu sensitif,” beber Salah saat ditanyai soal kemungkinannya menandatangani kesepakatan baru di Anfield.

“Itu (masalah kontrak) tidak memengaruhi saya, saya sangat profesonal. Saya tahu apa yang saya lakukan, jadi saya tidak terganggu akan hal itu. Saya berfokus pada tim, (berusaha) memenangkan trofi, dan memberikan segalanya untuk klub,” pungkasnya, dilansir dari Metro.

4 dari 4 halaman

Tampil Cemerlang

Terlepas dari permasalahan kontraknya, Mohamed Salah tetap mampu menunjukkan penampilan cemerlang bersama Liverpool. Ia menjadi penggawa penting yang membantu The Reds melumat Manchester United (MU) dengan 4–0 dalam laga lanjutan Liga Inggris pada Rabu (20/4/2022) dini hari WIB.

Kemenangan tersebut membuat Liverpool masih bertengger nyaman di peringkat dua klasemen sementara Liga Inggris. Skuad asuhan Jurgen Klopp hanya tertinggal satu angka dari Manchester City yang duduk di puncak klasemen dengan koleksi 80 poin.

Lebih lanjut, hasil laga kontra MU membuat pasukan The Reds mengukir rekor dahsyat di Liga Premier. Liverpool menjadi tim yang paling banyak membuat gol melawan Setan Merah dalam satu musim sejak memasuki era Liga Premier.

Liverpool total telah membobol gawang MU sembilan kali di musim 2021/2022. Pada pertemuan pertama mereka, Liverpool membantai Setan Merah 5-0 di Stadion Old Trafford. Total agregat Liverpool unggul 9-0.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.