Sukses

Hasil Kejuaraan Asia 2022: Tekuk Wakil Malaysia, Jonatan Christie Berhasil Melaju ke Perempat Final

Jonatan Christie berhasil mengamankan tiket menuju perempat final setelah mengalahkan Liew Daren di Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2022.

Liputan6.com, Jakarta Jonatan Christie berhasil menundukkan wakil Malaysia, Liew Daren dengan tiga gim 21-14, 13-21, dan 21-19 pada Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2022. Pertandingan ini yang dilangsungkan di Muntinlupa Sports Complex, Manila, Kamis (28/4/2022). 

Jonatan memang sudah memperlihatkan permainan apiknya di babak pertama. Dia berhasil menutup interval gim pertama dengan keunggulan 11-7. 

Pemain yang akrab disapa Jojo ini kerap kali memperlihatkan netting baik yang kerap kali di menyusahkan lawan. Dia pun berhasil mengamankan pertandingan pertama dengan skor 21-14. 

Memasuki gim babak kedua, pemenang Swiss Open 2022 ini melaju cepat dengan perolehan skor 7-1 meninggalkan lawannya dari Malaysia ini. Namun, Jojo tidak dapat mempertahankan tempo permainannya sehingga Liew Daren berhasil mengejar dan harus menutup interval dengan skor 11-10. 

Setelah interval kedua, Jojo tidak dapat mengembalikan momentumnya di lapangan dan harus tertinggal dan permainan di babak kedua harus dimenangkan oleh wakil Malaysia, Liew Daren dengan skor 21-13. 

Permainan pun berlanjut ke babak ketiga atau babak penentuan. Jojo yang sempat tertinggal dengan skor 7-4. Hasil positif ini berhasil dipertahankan Daren sampai interval pertama dengan 11-10. 

Setelah interval kedua, Jojo tidak dapat mengembalikan momentumnya di lapangan dan harus tertinggal sehingga permainan di babak kedua harus dimenangkan oleh wakil Malaysia, Liew Daren dengan skor 21-13. 

Permainan pun berlanjut ke babak ketiga atau babak penentuan. Jojo yang sempat tertinggal dengan skor 7-4. Hasil positif ini berhasil dipertahankan Daren sampai interval pertama dengan 11-10. 

Kedua pemain tersebut juga sempat kejar-kejaran skor pada saat kedudukan 15-16 yang masih dimpimpin oleh Daren. Namun, Jojo berhasil menyamakan kedudukan 17-17 pada gim ketiga ini. Alhasil, Jojo berhasil memenangkan pertandingan di Kejuaraan Asia 2022 dengan skor 21-19.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3 Wakil Kandas di Babak 16 Besar

Sayangnya, 3 pemain Indonesia harus kandas di babak 16 besar. Dari sektor tunggal putri terdapat Putri Kusuma Wardani yang belum bisa menaklukkan unggulan 6 dari Thailand Pornpawee Chochuwong. 

Dia harus mengakui keunggulan Pornpawee dengan straight game 12-21 dan 11-21. Sementara itu, dari sektor yang sama Komang Ayu Cahya Dewi memang harus mengakui keunggulan Akane Yamaguchi dari Jepang. 

Komang yang diketahui mengidolakan Akane ini harus tunduk dengan 3 gim langsung 23-21, 9-21, dan 19-21. 

Tak hanya dari sektor tunggal putri, Indonesia juga harus kehilangan satu ganda campuran, yakni Adnan Maulana/Mychelle Crhystine Bandaso yang ditekuk oleh unggalan satu dari Tiongkok Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong dengan 2 gim langsung 11-21 dan 13-21.

3 dari 3 halaman

Jadwal Pertandingan

Lapangan 1

Pertandingan ke-2: Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari vs Hussein Zayan Shaheed/Fathimath Nabaaha Abdul Razzaq (Maladewa)

Pertandingan ke-5: Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan vs Ren Xiang Yu/Tan Qiang (Tiongkok)

Pertandingan ke-10: Pramudya Kusumawardana/Yeremia Rambitan vs Ong Yew Sin/Teo Ee Yi (Malaysia)

Pertandingan ke-14: Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto vs Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi (Tiongkok)

Lapangan 2

Pertandingan Pertama: Putri Kusuma Wardani vs Pornpawee Chochuwong (Thailand)

Pertandingan ke-2: Chico Aura Dwi Wardoyo vs Lee Cheuk Yiu (Hong Kong)

Pertandingan ke-13: Anthony Sinisuka Ginting vs Kenta Nishimoto (Jepang)

Lapangan 3

Pertandingan ke-2: Komang Ayu Cahya Dewi vs Akane Yamaguchi (Jepang)

Pertandingan ke-4: Adnan Maulana/Mychelle Crhystine Bandaso vs Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong (Tiongkok)

Pertandingan ke-5: Jonatan Christie vs Daren Liew (Malaysia)

Pertandingan ke-6: Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti vs Feng Yan Zhe/Lin Fang Ling (Tiongkok)

Pertandingan ke-9: Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto vs Chang Ching Hui/Lee Chih Chen (Chinese Taipei)

Pertandingan ke-12: Shesar Hiren Rhustavito vs Lee Zii Jia (Malaysia)

 

Pertandingan pertama dimulai pukul 08.00 WIB

 

Penulis: Jesslyn Koesman

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.