Sukses

SEA Games 2021: Timnas Basket 3x3 Indonesia Akan Pemanasan di ABL

Timnas Basket 3x3 Indonesia akan mengikuti turnamen ABL 2022 yang akan dilangsungkan di Bali, 16-17 April, sebelum berlaga pada SEA Games 2021 pada Mei mendatang.

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Basket 3x3 Indonesia putra akan mengikuti ABL 3x3 International Champions Cup 2022 yang akan digelar di Bali, 16-17 April. Turnamen ini sebagai salah satu pemanasan sebelum SEA Games 2021 yang berlangsung di Hanoi, Vietnam, Mei mendatang. 

Sebelumnya, timnas basket 3x3 Indonesia sudah menjalani pemusatan latihan di Hall Basket Senayan. Selanjutnya mereka akan bertolak ke Bali lebih awal untuk bisa beradaptasi dengan lapangan dan cuaca. 

"Kami ke Bali untuk uji coba di ABL 3x3 Tournament. Kami sengaja datang lebih awal supaya tim bisa beradaptasi dengan lapangan dan cuaca karena mainnya di outdoor," kata Manajer Timnas Basket 3x3 Putra Ferri Jufry seperti dikutip dari laman resmi PP Perbasi. 

Sebanyak 11 tim akan mengikuti ajang ABL 3x3. Selain Timnas Basket 3x3 Indonesia, terdapat juga Timnas 3x3 Vietnam, Kamboja, dan Malaysia. 

Tak hanya itu, terdapat juga beberapa klub seperti Saigon Heat (Vietnam). Singapore Slingers (Singapura), Louvre Surabaya (Indonesia), Platinum (Filipina), Zamboanga Valiantes (Filipina), Shoot It Dragons (Thailand), dan YKBK (India). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pematangan Strategi Permainan

Selain sebagai pemanasan jelang SEA Games, Ferri juga mempaparkan ajang ini akan sebagai momentum mematangkan strategi permainan. Karena itu, Timnas Bola Basket 3x3 Indonesia membawa seluruh pemain yang mengikuti pemusatan latihan.

Mereka adalah Dame Diagne, Serigne Modou Kane, Julian Chalias, Surliyadin, Sandy Ibrahim, Oki Wira, Jamarr Andre Johnson, dan Nickson Gosal. 

"Uji coba di Bali bisa menjadi ajang seleksi untuk eliminasi awal karena akhir bulan April ada rencana try out ke Manila dan hanya 4 pemain yang akan dibawa,"” ucap Ferri. 

Dia juga menambahkan setelah ikut turnamen di Bali para pemain langsung meninggalkan Pulau Dewata. Para pemain akan kembali ke Jakarta, Selasa (19/4/2022) untuk persiapan latihan di hari berikutnya.

Timnas Bola Basket Indonesia menargetkan medali emas pada SEA Games 2021. Hal ini dijelaskan  Ali Budimansyah, Pelatih Timnas 3x3 setelah melihat peta persaingan di Hanoi. 

Menurutnya, kekuatan Filipina tidak akan sama dengan SEA Games terakhir karena kala itu mereka menggunakan pemain terbaiknya saat menjadi tuan rumah. 

3 dari 3 halaman

Prestasi Baik di SEA Games 2019

Pada SEA Games 2019, tim basket 3x3 Indonesia harus mengakui keunggulan 17-19 dari Vietnam di babak penyisihan grup. Namun, Indonesia yang menurunkan pemain-pemain lokal itu mampu membalas kekalahan dengan menyingkirkan Vietnam di babak empat besar dengan skor 20-18 untuk melaju ke final. 

Di babak final, Timnas Basket 3x3 Indonesia harus mengakui kegigihan dari tim tuan rumah Filipina yang mayoritas diperkuat pemain keturunan Filipina-Amerika. 

Penulis: Jesslyn Koesman

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.