Sukses

Quartaro Selangkah Lagi Kuasai MotoGP Mandalika 2022, Marc Marquez Jatuh-Bangun Mengejar Waktu

Balapan resmi MotoGP 2022 Mandalika bakal berlangsung di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (20/3/2022).

Liputan6.com, Jakarta Pembalap Monster Yamaha, Fabio Quartararo tinggal selangkah lagi menjadi penguasa MotoGP Mandalika 2022. Setelah dua kali mencatatkan waktu terbaik di sesi Free Practice 3 dan Kualifikasi, ketangguhan pembalap asal Prancis itu akan diuji pada balapan resmi, Minggu (20/3/2022). 

Quartararo sebenarnya mengawali kiprahnya di ajang MotoGP Mandalika 2022 dengan hasil yang tidak terlalu memuaskan. Di sesi Free Practice pertama yang berlangsung Jumat pagi (18/3/2022), Quartaro hanya mampu berada di posisi ke-16. Posisi pertama diraih oleh pembalap Respol Honda, Pol Espargaro yang mengukir catatan waktu 1 menit 33.499 detik atau unggul 1.294 detik di depan Quartaro. 

Performa Quartaro baru terlihat pada Free Practice kedua yang berlangsung di hari yang sama. Pada sesi ini, Quartararo berhasil menjadi pembalap tercepat dengan waktu 1 menit, 31.608 detik. Tidak hanya berada di urutan pertama, catatan waktu Quartaro juga jadi yang tercepat di Sirkuit Mandalika.

Dia berhasil mematahkan rekor yang dibuat Espargaro pada FP1 sebelumnya. 

Quartararo kembali melorot di FP3, Sabtu (19/3/2022). Dia hanya mampu menempati peringkat 23. Sesi ini dikuasai pembalap Repsol Honda, Marc Marquez dengan catatan waktu 1'34.067. Meski demikian, Marquez tidak mampu melewati catatan waktu Quartaro di FP 2 sebelumnya. 

Akumulasi waktu yang ditorehkan Quartaro mengantarnya ke kualifikasi kedua (Q2). Sementara Marquez dan rekan satu timnya, Pol Espargaro haru melewati sesi kualifikasi pertama (Q1). 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rebut Pole Position

Pada Q2 yang sekaligus menjadi penentu posisi start pada balapan resmi, Quartaro kembali menunjukkan kelasnya. Dia berhasil mengukir catatan waktu tercepat 1'31.067 sekaligus mengunci posisi pole position. Catatan waktunya juga kembali jadi rekor baru di Sirkuit Mandalika. 

Posisi start kedua bakal ditempati oleh pembalap Pramac Ducati, Jorge Martin. Sementara slot terakhir untuk baris terdepan menjadi milik pembalap Pramac Ducati lainnya, yakni Johann Zarco. 

 

3 dari 4 halaman

Jatuh Bangun Marc Marquez

Sementara itu, nasib sial justru menimpa Marc Marquez sepanjang sesi FP dan kualifikasi. The Baby Allien yang memiliki banyak penggemar di Indonesia justru 'merasa asing' dengan Sirkuit Mandalika. 

Sempat menjadi yang tercepat di FP3, Marquez harus jatuh bangun saat berusaha menaklukkan sirkuit tepi pantai itu. 

Insiden pertama menimpa Marquez pada sesi FP2. Saat itu, dia sempat terjatuh bersama sepeda motornya saat berusaha memperbaiki catatan waktunya di menit-menit terakhir sesi FP2. 

Kejadian yang sama kembali menimpa Marquez saat tampil di sesi kualifikasi 1 (Q1). Pembalap Repsol Honda itu dua kali terjatuh dari sepeda motornya. Kecelakaan itu memang tidak membuatnya cedera. Hanya saja, Marquez gagal melaju ke Q2 dan harus puas start dari posisi ke-15 saat balapan.

Mampukah Quartararo keluar sebagai juara MotoGP Mandalika 2022? Jangan lewatkan jadwal balapan resmi pada halaman selanjutnya. 

 

4 dari 4 halaman

Jadwal MotoGP 2022

Minggu, 20 Maret 2022

09.40 WIB: Pemanasan

14.00 WIB: Balapan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.