Sukses

Enea Bastianini Senang Ngobrol Bareng Presiden Jokowi

Liputan6.com, Jakarta - Pembalap Gresini Racing Enea Bastianini senang bisa mengobrol dengan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dalam rangkaian parade MotoGP yang berlangsung di Jakarta, Rabu (16/3/2022) WIB.

Melalui Instagram pribadinya, rider berusia 24 tahun itu membagikan momen kebersamaan dengan Jokowi, sambil mengutarakan perasaannya usai berbincang-bincang dengan sosok nomor satu di Tanah Air.

“Senang sekali bisa bertemu dan berbicara dengan Presiden Indonesia, paradenya juga menyenangkan! Sekarang (saatnya) kita bertolak ke Mandalika!” tulis Bastianini dalam keterangan di foto unggahannya.

Bastianini merupakan satu dari antara 20 rider yang ikut serta dalam parade jelang MotoGP Mandalika 2022. Parade mengambil rute dari Istana Merdeka hingga berakhir di Hotel Kempinski kawasan Bundaran HI.

Selain Bastianini, pembalap populer lainnya seperti Marc Marquez, Pol Espargaro, Francesco Bagnaia, Luca Marini, dan Johann Zarco juga diketahui ikut serta menjajal aspal Jakarta dalam perhelatan tersebut.

2 dari 4 halaman

Seremoni Penyambutan

Parade MotoGP sejatinya merupakan bentuk seremoni penyambutan pembalap sebelum mengaspal di Sirkuit Mandalika. Perhelatan tersebut diawali dengan diterimanya para rider oleh Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta.

Bastianini dan kawan-kawan juga sempat disuguhi jamuan sarapan pagi oleh sang kepala negara, sebelum akhirnya dilepas secara resmi untuk menyusuri jalan Thamrin menuju Bundaran Hotel Indonesia.

3 dari 4 halaman

Jokowi Tak Ikut Parade

Meski menemani pembalap sejak awal, Presiden Jokowi tak ikut memeriahkan iring-iringan motor dalam parade MotoGP pagi ini. Pasalnya, Jokowi memang tak diizinkan naik motor dengan alasan keamanan.

"Saya sudah sampaikan tadi, saya tidak naik motor karena tidak diperbolehkan dari sisi keamanan," ujar Jokowi kepada wartawan usai melepas para pembalap MotoGP untuk melakukan parade dari Jalan Medan Merdeka Utara.

Lebih lanjut, Jokowi juga belum bisa memastikan kapan dan bagaimana ia akan hadir menyaksikan langsung aksi para pembalap di Sirkuit Mandalika. Meski demikian, Presiden menyebut dirinya mungkin akan datang selama sehari.

"Iya saya akan lihat, mungkin hanya 1 hari saja. Jumat, Sabtu, Minggu, saya hanya sehari," beber Jokowi, seperti dilansir dari Liputan6.com.

4 dari 4 halaman

Agenda Selanjutnya

Usai parade, para pembalap sudah dinanti sederet agenda padat, termasuk sesi jumpa pers yang dijadwalkan berlangsung pada Kamis (17/3/2022) sore WITA.

Selanjutnya, para rider bakal menjajal aspal di Sirkuit Mandalika dalam sesi latihan bebas, kualifikasi, dan balapan utama yang dihelat mulai Jumat (18/3/2022) hingga Minggu (20/3/2022). Berikut jadwal lengkapnya.

Jumat, 18 Maret 2022

09.50 – 10.35 WIB: Sesi Latihan Bebas I

14.05 – 14.50 WIB: Sesi Latihan Bebas II

Sabtu, 19 Maret 2022

09.50 – 10.35 WIB: Sesi Latihan Bebas III

13.25 – 13.55 WIB: Sesi Latihan Bebas IV

14.05 – 14.20 WIB: Kualifikasi I

14.30 – 14.45 WIB: Kualifikasi II

Minggu, 20 Maret 2022

09.40 – 10.00 WIB: Pemanasan

14.00 WIB: Balapan MotoGP