Sukses

Jerman Terbuka 2022: Nova Widianto Evaluasi Ganda Campuran Indonesia

Dua ganda campuran Indonesia kalah di babak perempat final Jerman Terbuka 2022. Ini evaluasi pelatih ganda campuran pelatnas PBSI Nova Widianto.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia tidak menyisakan satu wakil pada kejuaraan Jerman Terbuka 2022. Harapan terakhir di sektor ganda campuran pun kandas setelah Rinov Rivaldy/Phita Haningtyas Mentari dan Adnan Maulana/Mychelle Crhystine Bandaso terhenti pada babak perempat final. 

Rinov Rivaldy/ Pitha Haningtyas Mentari harus mengakui keunggulan pasangan senior asal Inggris Marcus Ellis/Lauren Smith dengan skor 21-16, 16-21, dan 19-21. Sementara pAdnan Maulana/ Mychelle Crhystine Bandaso harus tunduk dari wakil Skotlandia Adam Hall/ Julie Macpherson 21-17, 21-14, dan 21-18. 

Pelatih ganda campuran Pelatnas PBSI, Nova Widianto langsung mengevaluasi dua ganda campurannya.  Secara umum dia menilai kedua pasangan kurang fokus. 

"Secara keseluruhan penampilan secara teknis anak-anak sudah bagus. Hanya memang harus ditingkatkan dari segi fokus bermain reli," ujarnya dilansir dari laman PB Djarum, Sabtu (12/3/2022). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Evaluasi Kepada 2 Pasang Ganda Campuran Indonesia

Nova memberikan contoh dari penampilan Rinov/Pitha yang sempat kehilangan momentum saat gim ketiga. "Rinov/Pitha main sudah bagus, hanya kurang tahan sedikit fokus di gin ketiga," ucapnya.

"Di poin-poin akhir variasi serangannya juga berkurang, banyak smash terus tapi lawan tidak bati karena bolanya berat sekali." 

Sementara untuk Adnan/Mychelle, dia merasa masih kurang berani bermain pendek dan mengadu depan. Selain itu, saat bermain reli pasangan ini kurang tahan dan kelihatan down. 

"Buat Adnan/Mychelle hampir sama. Mereka di gim pertama banyak main bola-bola panjang, kurang berani bermain no lob pendek dan mengadu depan. Waktu main reli juga kurang tahan dan kelihatan down kalau musuh susah dimatikan, inginnya sekali mati," papar Nova.

3 dari 3 halaman

All England 2022

Kedua ganda campuran Indonesia ini, akan meneruskan perjuangan menuju Inggris untuk mengikuti All England 2022. Kejuaraan super 1000 akan diselenggarakan di Birmingham, Inggris pada 16-20 Maret 2022. 

Tak tanggung-tanggung, Indonesia menurunkan unggulan-unggulan terbaiknya untuk bertanding di ajang tertua di dunia bulu tangkis ini. 

Penulis: Jesslyn Koesman

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.