Sukses

Cegah Unboxing Ilegal Terulang, Pergerakan Logistik MotoGP Dapat Pengawalan Ketat

MotoGP Mandalika akan berlangsung di Lombok, Nusa Tenggara Barat, 18-20 Maret 2022.

Liputan6.com, Jakarta Satu per satu logistik para pembalap MotoGP telah tiba di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Pihak kepolisian dari Lombok Tengah mengaku telah melakukan pengawalan ketat terhadap pergerakannya. 

Logistik pendukung pelaksanaan balap internasional MotoGP Mandalika 2022 tahap II, tiba di Bandara Internasional Lombok (BIL) menggunakan pesawat Qatar Airways, Rabu (9/3/2022). Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol. Artanto, Kamis (10/3/2022), melalui keterangan persnya mengatakan bahwa kedatangan logistik pendukung GP Mandalika 2022 itu, mendapat pengawalan Polres Lombok Tengah.

"Pengamanan kedatangan logistik pada hari Rabu sore kemarin, mendapat pengamanan dari personel Polres Lombok Tengah, baik saat bongkar muat hingga pengawalan ke lokasi sirkuit, sama seperti saat datangnya logistik tahap pertama,” ungkapnya dalam rilis yang diterima Liputan6.com.

Sementara Kapolres Lombok Tengah AKBP Hery Indra Cahyono, menyampaikan bahwa logistik pendukung MotoGP tersebut diterbangkan dari Doha International Airport, menggunakan pesawat Qatar Airways type B777F dengan rute penerbangan Doha, Qatar- Lombok, Indonesia.

“Logistik MotoGP tahap kedua dengan total jumlah 169 pich dan berat 89,910 ton, tiba pada Rabu kemarin sekitar pukul 14.55 Wita. menggunakan pesawat Qatar Airways type B777F dengan nomor penerbangan A7-BFA,” katanya.

“Penerbangan pesawat yang mengangkut logistik MotoGP tahap II tersebut, langsung dari Doha, Qatar menuju ke Lombok, Indonesia,” Indra menambahkan.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bongkar Muat Dikawal Ketat

Proses unloading (bongkar muat) logistik MotoGP Mandalika 2022 dilakukan sekitar pukul 15.05 Wita. Menurut Indra, kegiaran ini memakan waktu satu jam 40 menit mulai  pukul 15.04 hingga 16.45 Wita. 

Turut hadir dalam pengamanan kedatangan logistik MotoGP Mandalika 2022 tahap II, Manager Airport Operation and Services Senior BIL dan Manager Airport Security BIL. "Alhamdulillah, pengaman dan pengawalan kegiatan berjalan dengan aman dan lancar," ujar Indra menambahkan. 

 

3 dari 3 halaman

Unboxing Ilegal

Kegiatan bongkar muat logistik MotoGP Mandalika jadi salah satu perhatian dari pihak penyelenggara. Hal ini guna mencegah terjadinya unboxing ilegal terhadap properti milik para pembalap seperti yang pernah terjadi pada saat penyelenggaraan kejuaraan World Super Bike (WSBK) beberapa waktu lalu. 

Kejuaraan ini sempat tercoreng oleh kabar unboxing ilegal yang menimpa kotak kargo milik Ducati oleh pegawai trek dari promotor Mandalika Grand Prix Association (MGPA). Meski akhirnya mereda, isu ini telah menjadi pelajaran bagi penyelenggara MotoGP agar tidak kecolongan lagi jelang GP Mandalika. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini