Sukses

Timnas Basket Putri Indonesia Genjot Persiapan Jelang SEA Games 2022 Hanoi

Timnas Bola Basket Putri Indonesia akan mengikuti SEA Games 2022, Hanoi, Vietnam pada 12-23 Mei 2022 mendatang.

Liputan6.com, Jakarta - Tim basket putri Indonesia ingin memaksimalkan persiapan untuk SEA Games 2022, Hanoi, Vietnam, pada 12-23 Mei mendatang. Untuk mencapai hasil terbaik, tim basket putri mencari lawan bertanding selama pemusatan latihan di GOR Cahaya Lestari, Surabaya. 

Manajer tim putri Christopher Tanuwidjaja menjelaskan para pemain akan melakoni uji coba sebanyak mungkin. Tim bahkan berharap bisa sparring ke luar negeri. 

Latih tanding menjadi penting untuk melihat perkembangan tim selama berlatih. Hal ini untuk memastikan apakah pemain menyerap semua materi yang diberikan pelatih atau belum. Melalui gim ini, pelatih juga dapat mengevaluasi kekurangan dan mengasah kelebihan tim 

“Uji coba idealnya dilakukan sebanyak mungkin dan kita masih berharap bisa uji tanding keluar negeri. Namun kembali lagi tergantung dari kesediaan dari negara lain menerima kita di masa pandemi ini, yang mana sampai saat ini masih agak sulit untuk mendapatkan kesempatan tersebut,” ungkap Christopher Tanuwidjaja dilansir dari laman resmi PP Perbasi, Minggu (6/3/2022). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Contoh Persiapan Asia Cup Putri 2021

Adanya pandemi Covid-19 membuat pergerakan timnas basket putri Indonesia menjadi terbatas. Oleh karena itu, timnas putri akan mencontoh persiapan saat menatap Asia Cup Putri Divisi B 2021. 

Ketika itu, mereka berlatih dan uji coba di GOR Cahaya Lestari Surabaya. Hasilnya, timnas basket putri Indonesia menduduki peringkat ketiga usai menang atas Kazakhstan 79-55 di Amman. 

“Solusinya saat ini sama dengan persiapan kita menuju FIBA Asia Cup di Yordania yang lalu yaitu tanding dengan beberapa tim putra U-18,” terang Christopher. 

3 dari 3 halaman

Sejak Februari

Dia menjelaskan, tim bola basket putri sudah melakukan persiapan sejak awal Februari. Namun, tim bari bisa berlatih lengkap di akhir bulan lalu.

Pelatihan ini terjadi setelah Perbasi memanggil 20 nama pemain untuk mengikuti pemusatan latihan di GOR Cahaya Lestari, Surabaya. 

“Kita mulai latihan sejak awal Februari. Karena ada beberapa kasus Covid, latihan full team baru bisa terlaksana di akhir Februari. Saat ini kita masih di tahap awal latihan karena baru bisa latihan secara full team. Jadi masih di tahap conditioning,” pungkas Christopher. 

 

Penulis: Jesslyn Koesman

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.