Sukses

Profil Kaleb Ramot Gemilang, Pemain yang Dipanggil Kembali ke Timnas Basket Indonesia

Simak profil Kalem Ramot Gemilang, pemain senior yang bakal kembali beraksi di Timnas Basket Indonesia

Liputan6.com, Jakarta PP Perbasi mengirimkan 14 pemain untuk bertanding pada paruh kedua Kualifikasi Piala Dunia 2023. Salah satunya, terdapat nama Kaleb Ramot Gemilang yang sempat absen 2 tahun dari Timnas Basket Indonesia. 

Pebasket 30 tahun mampu tampil gemilang dengan Dewa United Surabaya pada Liga Bola Basket Indonesia (IBL) seri 1 Jakarta dan 2 Bandung. Dari enam pertandingan Dewa United, Kaleb memiliki catatan statistik yang baik. 

Eks pemain Stapac ini berhasil mengemas 100 poin, 22 rebound, 13 assist. Tak hanya itu, Kaleb juga menorehkan menit bermain paling banyak dengan 189,85 dengan rata-rata 31,6 menit bermain per game. Adanya statistik ini membuat pemain berposisi sebagai forward ini kembali dilirik menjadi bagian Timnas Basket Indonesia.

Bukan hanya itu, pada seri 1 IBL Tokopedia 2022, dia berhasil menyumbangkan 24 poin untuk Dewa United dan menjadi penentu kemenangan pada 17 detik terakhir. 

Pada 17 detik terakhir, Dewa United tertinggal dengan sokr 71-72. Namun, Kaleb Ramot berhasil memanfaatkan assist dari Wendha Wijaya. Akhirnya, Kaleb berhasil membawa Dewa United unggul atas Bima Perkasa Jogja. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2 Pahlawan Basket Bagi Kaleb Ramot Gemilang

Di balik keberhasilan Kaleb menjadi seorang pemain basket profesional terdapat dua sosok yang dianggapnya menjadi pahlawan di dunia basketnya. Baginya, orang tua adalah pahlawan pertama dalam hidupnya, karena bagi Kaleb arti pahlawan adalah mereka yang rela berkorban. 

Selain orang tua, Kaleb juga menjadikan kedua pelatihnya Alm. Sandi Gunawan dan Ricky Gunawan. Keduanya berjasa bagi Kaleb pada saat dirinya bermain untuk ITHB dan PON Jabar. Kedua pelatihnya yang menolong dan selalu memotivasi Kaleb agar dapat menjadi pemain basket yang hebat. 

Dalam perjalanan karirnya, Kaleb sudah pernah membela beberapa klub sejak tahun 2013 hingga sekarang. Mulai dari Satya Wacana Salatiga, CLS Knights Surabaya, Stapac Jakarta, dan sekarang Kaleb membela Dewa United Surabaya di IBL Tokopedia 2022. 

3 dari 3 halaman

Jadwal Pertandingan Timnas Basket Indonesia

Kaleb Ramot dan tim akan menghadapi tuan rumah Arab Saudi pada Kamis (24/2) di King Abdullah Sport City, Jeddah, pukul 23:15 WIB. Setelah itu, Timnas Basket Indonesia akan bertemu Jordania di Prince Hamza, Amman, Yordania, Minggu (27/2) pukul 23.00 WIB. 

Penulis: Jesslyn Koesman

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.