Sukses

Andrea Dovizioso Petik Kemajuan Usai Tes Pramusim MotoGP di Sirkuit Mandalika, Apa Saja?

Andrea Dovizioso mengaku sudah mulai menguasai motor Yamaha M1 yang dikendarainya usai menjalani tes pramusim MotoGP di sirkuit Mandalika.

Liputan6.com, Kuala Lumpur- Pembalap RNF Yamaha, Andrea Dovizioso memetik banyak kemajuan saat tes pramusim MotoGP 2022 di sirkuit Mandalika pada 11-13 Februari lalu. Dia bisa menguji banyak hal termasuk kecepatan dengan motor Yamaha M1.

Mantan pembalap Ducati ini mengakui, perkembangan yang dialaminya belum cukup. Namun hasil tes pramusim MotoGP selama tiga hari di sirkuit Mandalika lebih baik ketimbang saat tes pramusim di sirkuit Sepang Malaysia.

Perkembangan paling signifikan dirasakannya di area pengereman. Inilah salah satu area dimana Fabio Quartararo lebih unggul ketimbang pembalap Yamaha lain.

"Saya merasa lebih baik di area pengereman. Saat ini, di beberapa area, saya mengerem lebih baik ketimbang Quartararo. Jadi saya senang bisa tahu cara mengerem terbaik, ini hal positif," katanya seperti dikutip crash.

Dovizioso sudah gabung RNF Yamaha yang masih memiliki nama Petronas Yamaha sejak pertengahan musim lalu. Dia gantikan Franco Morbidelli yang cedera.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Simulasi Balap

 

Pada hari terakhir tes, Dovizioso melakukan simulasi balap dengan Fabio Quartararo. Ini penting baginya untuk membandingkan hasil tes dengan sang juara MotoGP 2021.

Secara rata-rata, Dovizioso masih tertinggal 0,8 detik dari pembalap asal Prancis itu. Kecepatan Quartararo berkisar 1 menit 32,8 detik-34,2 detik di sesi jauh, sedangkan Dovizioso berkisar antara 1 menit 33,6-34,5 detik.

"Soal akselerasi di balapan, saya kurang puas. Namun penting untuk menjajal jarak yang panjang, dimana Anda menemukan banyak hal," kata Dovizioso.

 

3 dari 4 halaman

Komentari Yamaha

 

Dovizioso salah satu pembalap senior yang pernah menjajal seluruh pabrikan. Dia pernah membela Honda, Ducati dan Aprilia di kariernya.

Apakah motor M1 benar-benar mudah untuk dikendarai? Label ini sudah melekat pada motor Yamaha M1.

"Mudah dikendarai itu soal lain, menjadi kencang itu juga beda cerita. Beberapa tahun lalu situasinya berbeda. Semua di Yamaha sangat kompetitif," katanya.

4 dari 4 halaman

Infografis MotoGP

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.