Sukses

Mengenal Luca Marini, Adik Valentino Rossi yang Sempat Rajai Tes Pramusim MotoGP Mandalika 2022

Adik Valentino Rossi, Luca Marini pembalap tercepat pada Tes Pramusim MotoGP Mandalika 2022 hari kedua.

Liputan6.com, Jakarta Nama Luca Marini menjadi sorotan setelah berhasil menjadi pembalap tercepat pada tes pramusim MotoGP Mandalika hari kedua, Sabtu (12/2/2022). Bukan hanya karena dia berhasil mencatatkan waktu tercepat namun, karena dia juga merupakan adik dari legenda MotoGP Valentino Rossi. 

Luca Marini berhasil mencatatkan waktu 1 menit 31,289 detik pada tes pramusim MotoGP di Sirkuit Mandalika hari kedua. Saat ini, Luca tergabung dengan Mooney VR46 Team yang digadang-gadang akan menjadi penerus dari sang kakak di ajang Balapan. 

Luca Marini lahir dari ibu yang sama dengan Valentino Rossi yang bernama Stefania Palma. Namun, mereka mempunyai ayah yang berbeda. Jika bapak dari Valentino Rossi bernama Graziano Rossi maka Luca Marini memiliki bapak bernama Massimo Marini. 

Tidak heran, nama belakang keduanya mengikuti nama bapak kandung mereka. Keduanya terpaut usia 18 tahun. Pada saat Luca Marini baru berusia 3 tahun, Valentino Rossi sudah memulai debutnya di kelas balap utama MotoGP. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Awal Karir Luca Marini

Awalnya, Luca Marini dilarang untuk terjun ke dunia balap seperti Valentino Rossi, tetapi ketika menginjak usia tujuh tahun Luca diajak ibunya menonton pertandingan balap dan dia sangat antusias menonton pertandingan tersebut. 

Melihat antusias tersebut, Luca Marini diberikan izin oleh sang ibu untuk terjun ke dunia balap mengikuti jejak kakaknya Valentino Rossi. Luca Marini memulai debut profesionalnya pada Moto3 San Marino pada tahun 2013. 

Sayangnya, Luca gagal menyelesaikan balapan, dia menggunakan nomor 97 sesuai dengan tahun kelahirannya. Tahun 2015, Luca Marini kembali mendapatkan kesepatan untuk menjadi pembalap tamu di kelas Moto2 bersama tim Pons Racing Junior, dan dia berhasil menyelesaikan balapan di urutan 21. 

Singkat cerita tahun 2020, Luca Marini berhasil untuk memperlihatkan penampilan baiknya dan semakin dikenal sebagai pembalap hebat untuk kelas MotoGP. 

3 dari 4 halaman

Hasil Tes Pramusim MotoGP Luca Marini

Hasil tes pramusim MotoGP Luca Marini sangat menyorot perhatian, pasalnya Luca berhasil mengungguli juara MotoGP 2021 Fabio Quartararo yang berada di peringkat ke-4 tercepat. 

Dia juga berhasil mengalahkan juara MotoGP 6 kali, Marc Marquez hanya berada di posisi ke-2 tepai di bawah Luca Marini hanya berbeda 0.192 detik. 

Penulis: Jesslyn Koesman

4 dari 4 halaman

Infografis MotoGP

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.