Sukses

Ikut Tren NFT, Neymar Jr Beli Avatar Monyet Bosan Senilai Miliaran Rupiah

Liputan6.com, Jakarta Tren NFT atau Nonfungible Token tengah meroket belakangan ini. Volume perdagangan industri berbasis mata uang kripto tersebut meningkat 40 ribu persen di tahun 2021 dan telah menggoda banyak pihak untuk ikut ambil bagian, termasuk pesepak bola ternama asal Brasil, Neymar Jr. 

Seperti dilansir dari AS, pemain PSG itu baru saja mendapatkan dua NFT Bored Ape Yacht (BAYC). Dia kemudian memamerkan karya seni digital itu lewat akun Twitter resminya, @NeymarJr.

Menurut data transaksi di situs perdagangan NFT, OpenSea, Neymar Jr membayar 159.99 ETH untuk The Bored Ape 6633. Ini setara dengan leibih dari  480,000 USD atau kira-kira Rp6,8 Miliar. Sementara untuk NFT Bored Ape 5269, dia membayar sebesar 189.69 ETH atau setara  500 ribu USD. 

Tidak itu saja, Neymar Jr juga ternyata punya NFT lainnya, seperti avatar koleksi ACESnikers, Flipped atau gambar terbalik BAYC, flipped CryptoPunks, dan flipped Doodles. Seluruh pembelian dilakukan lewat dompet digital milik Neymar yang diberi nama EneJay sesuai dengan inisial namanya. 

  

2 dari 4 halaman

Tidak Sendirian

Namun yang mengejutkan, Neymar Jr kemudian mengumumkan di status media sosialnya kalau dia tidak sendirian dalam membeli NFT BAYC. Dalam penjelasannya, Neymar mengaku bekerjasama dengan dua orang lainnya, yang diduga adalah rekan satu timnya, yakni Leandro Paredes dan Marco Verratti meski tak satupun dari mereka ikut menggunggah avatar BAYC seperti Neymar Jr.

Perlu dicatat juga, bahwa Neymar juga menandatangani perjanjian dengan perusahaan NFTSTAR November lalu untuk mengembangkan, menjual, dan memasarkan NFT yang dapat ditagih.

Neymar Jr bukanlah satu-satunya pesepak bola yang akrab dengan NFT. Sebelumnya, pemain Real Madrid, sudah lebih dulu berkecimpung dunia ini dengan membuat membuat koleksi NFT sendiri. 

 

3 dari 4 halaman

Gebrakan Monyet Bosan

Dari sejumlah karya seni digital yang masuk NFT, BAYC merupakan salah satu yang terlaris. Potongan-potongan gambar yang membentuk koleksi Bored Ape Yacht Club sangat dicari pencinta seni digital.

Sejumlah peshoro seperti rapper Eminem, dan pebasket NBA Stephen Curry ikut mengoleksi BAYC. Sementara pada bulan Desember lalu, Pada bulan Desember, Diplo, DJ Khaled, Martin Garrix, dan Future membeli koleksi NFT BAYC menggunakan "layanan concierge" eksklusif MoonPay. 

BAYC merupakan koleksi avatar bergambar monyet dalam berbagai ekpsresi bosan. BAYC diluncurkan April lalu oleh empat pengembang dengan nama samaran: Gargamel, Gordon Goner, Emperor Tomato Ketchup, dan No Sass. Diperkirakan terdapat 10 ribu koleksi avatar BAYC yang telah masuk NFT.

BAYC tidak hanya sekedar koleksi avatar semata tapi menjadi tiket ke klub sosial online yang super eksklusif. Saat pertama kali diluncurkan, biaya masuk untuk klub ini masih sekitar 0.08 ether atau setara $190 USD. Namun kini angkanya meningkat menjadi 71 ether atau sekitar 260 ribu USD.

 

4 dari 4 halaman

Fenomena Ghozali Everyday

Popularitas NFT sendiri saat ini juga tengan meningkat di Indonesia. Trennya terus menanjak setelah fenomena Ghozali Everyday. Nama Ghozali melambung setelah berhasil meraup keuntungan hingga Rp 1,7 Miliar dari penjualan NFT-nya yang bermodalkan foto selfie sejak 2017. (Simak beritanya di sini).