Sukses

Kronologi Kecelakaan Muara Rapak Balikpapan yang Tewaskan 5 Orang

Liputan6.com, Balikpapan - Kota Balikpapan pada Jumat (21/1/2022) pagi waktu setempat dihebohkan dengan kecelakaan yang melibatkan truk tronton dengan sekitar 10 lebih unit kendaraan (roda dua dan roda empat).

Kecelakaan itu terjadi di simpang lima lampu merah Muara Rapak. Truk tronton yang dikemudikan Muhammad Ali (48) menabrak sekitar 20 kendaraan yang berada di depannya.

Kendaraan itu sedang mengantri lampu merah saat tiba-tiba dari arah belakang truk tronton menabrak mereka. Dalam rekaman cctv yang beredar, dahsyatnya benturan mengakibatkan beberapa kendaraan terpental.

"Ada sebuah truk kontainer yang kami terima sementara informasinya mengalami rem blong. Kemudian, kendaraan yang berhenti di lampu merah, akhirnya tertabrak," kata Direktur Lalu Lintas Kepolisian Daerah Kalimantan Timur Kombes Sonny Irawan.

 

 

 

2 dari 3 halaman

Kronologi

Peristiwa naas ini bermula saat truk tronton melaju dari arah kilo menuju simpang lima lampu merah Muara Rapak. Truk itu memuat 20 ton kapur pembersih air.

Truk berwarna merah itu hendak menuju Kampung Baru. Akan tetapi saat melintas di km 0,5 di depan Rajawali Foto, sistem pengereman truk kehilangan fungsi.

Ali selaku supir juga sebelumnya sudah mengurangi persneling dari gigi empat ke tiga untuk mensiasati rem yang blong. Dari rekaman cctv, truk juga sempat menghindari satu kendaraan yang berada di depan.

Namun usai menghindar, truk hilang kendali dan menabrak mobil serta motor yang berada di depannya. Ada 14 sepeda motor dan enam unit mobil yang ditabrak.

"Kendaraannya yang terlibat itu ada 6 unit untuk roda empat ya, terdiri dari dua unit angkot, dua unit mobil pribadi, dan dua unit mobil pickup terus roda duanya empat unit," kata Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Yusuf Sutejo.

3 dari 3 halaman

5 Orang Meninggal

Kecelakaan naas ini memakan sedikitnya lima orang meninggal dunia dan 13 orang luka-luka. Pihak kepolisian pun telah membawa korban ke rumah sakit yang menjadi rujukan.

"RSUD Dr. Kanujoso Djatiwibowo, RSUD Beriman Balikpapan, Rumah Sakit Ibu Dan Anak Ibnu Sina," katanya.