Sukses

Foto Selfie Ghozali Everyday Dihargai Tinggi, Begini Cara Jual NFT di OpenSea

Pemuda asal Indonesia dengan akun Ghozali Everyday menjual NFT berupa foto selfie di OpenSea. Seperti apa caranya?

Liputan6.com, Jakarta - Pemuda asal Indonesia dengan akun Ghozali Everyday menjual NFT berupa foto selfie di OpenSea. Tertarik mengikuti?

Masyarakat bisa tergiur mengikuti karena harga jual foto tersebut sangat tinggi. Satu foto selfie Ghozali dihargai dengan harga terendah yaitu 0,13 Ethereum (sekitar Rp6 juta) hingga 0,7 Ethereum (Rp31 juta).

Berdasarkan penelusuran, ada 933 NFT berupa foto selfie Ghozali Everyday. Adapun foto selfie tersebut berasal dari lima tahun terakhir. Saat ini volume perdangangan koleksi tersebut sudah bernilai 277 Ethereum (Rp13,3 miliar).

Sebelum menjual NFT di OpenSea, pastikan ada beberapa hal yang perlu kamu siapkan. Pertama, kamu harus sudah memiliki akun OpenSea terlebih dulu. Selain itu, kamu juga harus memiliki Ethereum, crypto wallet seperti MetaMask, dan menghubungkan wallet tersebut ke akun OpenSea.

Berikut cara menjual NFT menurut situs resmi OpenSea:

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cara Jual NFT

1. Pilih profil akunmu di OpenSea.io

2. Lalu pilih NFT yang ingin dijual dari wallet milikmu

3. Klik opsi Sell pada sisi kanan untuk mulai memasukkan NFT dalam daftar penjualan

4. Di daftar penjualan, kamu bisa menentukan harga dan tipe penjualan yang ingin dilakukan

5. Kamu juga bisa mengatur waktu kedaluwarsa penjualan, mulai dari 1 hari, 3 hari, atau menentukan sendiri

6. Berikutnya, kamu akan menemukan pengaturan dan informasi tambahan, seperti Service Fee dan Creator Royalty

7. Setelah kamu membaca dan menyetujuinya, pilih Complete Listing dan ikuti langkah selanjutnya

8. Begitu proses pendaftaran selesai, kamu bisa melihat notifikasinya. Setelah itu, kamu tinggal membagikan informasi penjualan NFT-mu ke orang lain

3 dari 5 halaman

Apa Itu NFT?

OpenSea adalah salah satu marketplace peer-to-peer untuk NFT. Platform ini dikembangkan oleh Devin Finzer dan Alex Atallah pada 2017.

OpenSea menggunakan protokol Ethereum dengan standar ERC-721 dan ERC-1155. NFT yang ditawarkan platform ini bervariasi, tapi yang paling populer adalah karya seni dari seniman.

"Kami membangun piranti yang memungkinkan konsumen memperdagangkan barang mereka secara bebas, kreator meluncurkan karya digital baru, serta pengembang membangun pasar yang kaya dan terintegrasi untuk barang digital mereka," tulis perusahaan di situs resminya.

Dikutip dari situs resminya, OpenSea kini sudah memiliki lebih dari 600 ribu pengguna. Adapun koleksi yang tersedia di platform startup blockchain ini mencapai lebih dari 2 juta dan lebih dari 80 juta NFT yang tersedia.

4 dari 5 halaman

Valuasi NFT

OpenSea memiliki valuasi sekitar 13,3 miliar dolar AS atau Rp190 triliun setelah mendapatkan pendanaan baru. Jadi, perusahaan ini baru saja mengumumkan telah mengumpulkan 300 juta atau sekitar Rp4,3 triliun dalam modal ventura terbaru.

Hal tersebut menjadikannya salah satu perusahaan swasta paling berharga di kripto.

Berdasarkan data yang diberikan perusahaan, OpenSea sebelumnya mengumpulkan lebih dari 100 juta dolar AS atau Rp 1,4 triliun dari sejumlah investor, termasuk perusahaan investasi Andreessen Horowitz dan aktor Ashton Kutcher.

5 dari 5 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.