Sukses

Sambut FIBA Asia Cup 2022, Perbasi Gelar Indonesia Basketball Festival

Indonesia Basketball Festival diadakan untuk menyambut FIBA Asia Cup 2022 yang akan digelar di Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta Indonesia akan menjadi tuan rumah dua ajang akbar bola basket pada tahun 2022 dan 2023. FIBA Asia Cup 2022 akan berlangsung 12-24 Juli 2022 nanti. Kemudian tahun depan ada FIBA World Cup 2023.

Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) pun mencanangkan tahun 2022 sebagai tahunnya bola basket. Guna menyemarakan dan mengkampanyekan bola Basketball ke seluruh Indonesia, Perbasi meluncurkan program Indonesia Basketball Festival (IBF).

Program ini diharapkan menambah awareness masyarakat terhadap event bola basket di Indonesia. "IBF ini bagian dari upaya PP PERBASI menumbuhkan awareness masyarakat terhadap bola basket. Terutama menumbuhkan euforia menyambut FIBA Asia Cup 2021 pada Juli nanti," terang Ketum PP PERBASI Danny Kosasih.

IBF sengaja disiapkan sebagai program Road to FIBA Asia Cup 2021. Event ini merupakan kompetisi basket yang ditujukan sebagai pemanasan masyarakat menuju FIBA Asia Cup Indonesia 2021.

Rencananya IBF akan hadir di lima kota yang memiliki sejarah dan ikon pariwisata istimewa yakni Timika, Bali, Surabaya, Jogjakarta, dan Jakarta. Ajang ini bakal digelar pada 7 Januari hingga 26 Juni 2022. IBF dibuka di Timika pada 7-11 Januari 2021.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Konsep

Konsep acaranya, akan ada suguhan pertandingan para pemain dari masing-masing daerah. Pemain yang boleh tampil harus berusia 19-22 tahun. Kategori putera dan puteri. Mereka akan bertarung dalam tiga series, yakni regional series, regional champions, dan championship series.

"Kami sengaja membatasi usai 19-22 tahun karena memang menyesuaikan kebutuhan. Kami berharap mendapatkan banyak data pemain dari seluruh Indonesia untuk menyuplai kebutuhan pemain kita ke depan," terang Danny.

 

3 dari 3 halaman

Mendekatkan ke Masyarakat

Ketua Pelaksana FIBA Asia Cup 2021 Junas Miradiarsyah berharap acara ini bisa lebih mendekatkan masyarakat terhadap bola basket. Dengan begitu, masyarakat menjadi penasaran dengan aksi-aksi pebasket top Asia di FIBA Asia Cup 2021 nanti.

"Festival Basket Indonesia adalah rangkaian menuju FIBA Asia Cup. Mudah-mudahan basket bisa dimasyarakatkan melalui ajang ini. Meski FIBA Asia Cup hanya berlangsung di Jakarta, tapi gaung basket ini ada di seluruh Indonesia,” ujar Ketua Pelaksana FIBA ASIA Cup Indonesia 2022 Junas Miradiarsyah.

“Adapun kehadiran IBF di beberapa kota diharapkan bisa membangkitkan kembali sektor pariwisata di sekitar, membangkitkan kembali ekonomi, serta mengajak masyarakat aktif bergerak kembali,” imbuhnya.

Selain kompetisi basket, IBF juga menghadirkan kegiatan hiburan seperti bazar dan juga coaching clinic yang menghadirkan atlet profesional Indonesia. Event ini juga mendapat dukungan dari berbagai sektor seperti Bank Mandiri dan Freeport.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.