Sukses

4 Duel Klasik Thailand vs Indonesia di Piala AFF, Garuda Pernah Bikin Gajah Perang Tersingkir di Fase Grup

Indonesia bakal menghadapi Thailand untuk ke-11 kali di leg 2 final Piala AFF 2020. Berikut empat duel menarik yang melibatkan Garuda dan Gajah Perang.

Liputan6.com, Jakarta Leg 2 Final Piala AFF 2020 antara Thailand vs Indonesia bakal digelar 1 Januari 2020. Bertepatan dengan tahun baru, penentuan gelar juara Piala AFF 2020 akan digelar di National Stadium Singapura.

Leg 2 Final Piala AFF 2020 nanti bakal memperpanjang deretan duel epik antara Thailand dan Indonesia. Sebagai rival berat, Indonesia dan Thailand selalu bersaing ketat sehingga selalu menampilkan duel menarik.

Total, Indonesia sudah jumpa Thailand 10 kali di berbagai ajang termasuk fase penyisihan grup Piala AFF. Rekornya Indonesia memang masih buruk.

Thailand tercatat menang 7 kali, satu kali imbang dan dua kali kalah. Salah satu dari dua kekalahan ini terjadi di Piala AFF 2010.

Seperti apa ceritanya saat Indonesia singkirkan Thailand di penyisihan grup Piala AFF 2010 yang digelar di Jakarta? Simak 4 duel klasik Thailand vs Indonesia di Piala AFF pada halaman berikutnya:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Indonesia 3-3 Thailand (5-4 Adu Penalti)

 

Inilah duel yang pernah dimenangkan pada Piala AFF 1998. Saat itu, Indonesia dan Thailand sama-sama gagal ke final.

Perebutan peringkat ketiga saat itu masih ada. Indonesia sempat tertinggal 2-3 dari Thailand, tapi Yusuf Ekodono samakan skor sehingga berlanjut ke adu penalti.

Indonesia sempurna mengeksekusi adu penalti dan menang 5-4.

 

3 dari 5 halaman

2. Indonesia 2-2 Thailand (2-4 Adu Penalti)

 

Thailand jumpa lagi di Piala AFF 2002. Kali ini, Indonesia dan Thailand jumpa di Thailand.

Pada Piala AFF/Tiger 2000, Thailand juga menggasak Indonesia 4-1 di laga final. Namun pada 2002, ceritanya berbeda karena Garuda beri perlawanan spartan di SUGBK yang dipenuhi 100 ribu penonton.

Thailand sempat unggul 2-0 hingga babak pertama lewat Chukiat Noosarung dan Therdsak Chaiman. Namun Yaris Riyadi dan Gendut Doni samakan skor.

Kiatisuk Senamuang sempat gagal penalti. Namun Indonesia gagal dua kali sehingga memungkinkan Thailand rebut gelar.

 

4 dari 5 halaman

3. Indonesia 2-1 Thailand

 

Inilah duel yang berhasil dimenangkan Indonesia dengan spartan. Ini menjadi pembantaian yang sempurna kepada Thailand di penyisihan grup Piala AFF.

Thailand saat itu butuh menang untuk lolos ke semifinal. Semua tampak berjalan baik saat Suree Sukha mencetak gol untuk Thailand.

Tapi 10 menit terakhir menjadi petaka buat Thailand karena Indonesia dapatkan dua penalti. Bambang Pamungkas eksekusi penalti dengan baik saat itu.

 

5 dari 5 halaman

4. Indonesia 2-3 Thailand

 

Ini laga final terakhir saat Indonesia jumpa Thailand di 2016. Thailand langsung menggebrak lewat gol Teerasil Dangda pada pertandingan yang digelar di stadion Pakansari.

Indonesia kerja keras hingga akhirnya menyamakan skor lewat gol Rizky Pora. Lima menit kemudian giliran Hansamu Yama yang membobol gawang Thailand yaitu dikawal Kawin Thamsatchwan.

Kemenangan ini mengangkat asa Indonesia untuk jadi juara. Namun Thailand kembali bikin garuda gigit jari lewat dua gol Siroch Catthong di stadion Rajamangala.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.