Sukses

Piala AFF 2020: Indonesia Gasak Malaysia di Fase Grup, Egy Maulana Vikri Ucapkan Syukur

Pemain Indonesia yang berkarier di FK Senica, Egy Maulana Vikri, menyampaikan ucapan syukur melalui media sosial usai Skuad Garuda menekuk Malaysia dengan 4-1 di laga pamungkas penyisihan Grup B Piala AFF 2020 pada Minggu (19/12/2021)

Liputan6.com, Jakarta- Timnas Indonesia sukses menumbangkan Malaysia dalam laga pamungkas Grup B Piala AFF 2020 yang berlangsung di Stadion Nasional Singapura pada Minggu (19/12/2021) malam WIB.

Sempat tertinggal 0–1 di awal paruh pertama, skuad asuhan Shin Tae-yong berhasil menyamakan kedudukan berkat gol dari Irfan Jaya (’36). Tujuh menit berselang, Irfan lagi-lagi menjebol gawang lawan sekaligus membuat kedudukan berbalik. Indonesia unggul 2–1.

Pada babak kedua, skuad Garuda memperlebar jarak dengan Harimau Malaya berkat catatan gol dari Pratama Arhan di menit ke-50, serta Elkan Baggott di menit ke-82. Dengan demikian, Indonesia berhak melaju ke semifinal Piala AFF sebagai juara grup B.

Penggawa Indonesia yang berkarier di Liga Slovakia, Egy Maulana Vikri, ikut menyampaikan ucapan syukur atas kesuksesan skuad Garuda di fase grup. Hal ini terlihat dari unggahan Instagram Egy usai menyaksikan laga Indonesia kontra Harimau Malaya.

“Alhamdulillah ya Allah,” tulis Egy di Instagram Story pada Minggu (19/12/2021), sambil menyertakan emoji bendera Merah Putih dan foto layar pertandingan Indonesia vs Malaysia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Absen

Egy diketahui telah absen tampil membela Indonesia di partai penyisihan grup B Piala AFF 2020. Alasannya, tenaga Egy masih dibutuhkan oleh klubnya FK Senica di Liga Slovakia sebelum memasuki libur musim dingin.

Partai terakhir yang harus dilakoni Egy bersama FK Senica adalah pertandingan melawan AS Trencin di Stadion FK Senica pada Sabtu (18/12/2021). Setelah laga tersebut, Egy baru diizinkan meninggalkan klub untuk memperkuat timnas.

Pelatih Shin Tae-yong sejatinya berharap Egy dapat tiba di Singapura sebelum Indonesia berhadapan dengan Harimau Malaya pada Minggu (19/12/2021) kemarin. Namun, Skuad Garuda akhirnya harus rela bermain tanpa pesepak bola berusia 21 tahun tersebut.

3 dari 4 halaman

Semifinal

Indonesia selanjutnya bakal meghadapi tuan rumah di semifinal Piala AFF 2020. Partai tersebut akan berlangsung dalam dua leg, yakni pada 22 dan 25 Desember 2021, di Stadion Nasional Singapura.

Shin Tae-yong mengaku dirinya senang dengan kinerja yang ditunjukkan anak-anak asuhnya dalam pertandingan kontra Malaysia. Menurutnya, para pemain telah bekerja keras hingga berhasil mencetak empat gol ke gawang lawan.

“Pemain hari ini bekerja keras dan mencetak banyak gol ke gawang Malaysia. Saya mengucapkan selamat dan berterima kasih kepada para pemain Timnas Indonesia,” ujar sang pelatih pasca pertandingan, seperti dikutip dari situs resmi PSSI.

4 dari 4 halaman

Kendala

Egy diharapkan bisa merumput di semifinal Piala AFF 2020 kontra Singapura. Akan tetapi, terdapat kendala dari sisi peraturan pemerintah Singapura yang menimbulkan kecemasan soal rencana bergabungnya Egy dengan Timnas Indonesia.

Pasalnya, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan Singapura mewajibkan adanya karantina mandiri bagi penumpang yang kedapatan satu pesawat dengan orang terkonfirmasi positif COVID-19 varian Omicron.

Dampak kebijakan ini sempat dirasakan oleh pemain muda Elkan Baggott, yang membuatnya absen membela Timnas kala bermain imbang dengan Vietnam. Hal serupa juga dihawatirkan bisa memengaruhi rencana Indonesia untuk mendatangkan Egy ke Singapura.

 

Penulis: Melinda Indrasari

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.