Sukses

Piala AFF 2020: Timnas Indonesia vs Malaysia, Shin Tae-yong Punya Strategi Khusus

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong memiliki strategi khusus untuk menghadapi Malaysia pada laga terakhir Grup B Piala AFF 2020. Dia sudah menganalisa kelemahan lawan, termasuk taktiknya.

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia akan menghadapi Malaysia pada laga terakhir Grup B Piala AFF 2020. Laga ini akan dihelat di Stadion Nasional, Singapura, Minggu (19/12/2021) pukul 19:30 WIB.

Melawan Malaysia, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yon mengaku punya strategi khusus. "Malaysia memiliki kelemahan dan kekurangan. Kami sudah menganalisisnya, termasuk taktik mereka seperti apa. Strategi kami besok akan menyesuaikan dengan itu," katanya dalam konferensi pers virtual yang diikuti di Jakarta.

Shin Tae-yong menegaskan dia bukan pelatih yang terpaku dengan satu taktik. Juru taktik asal Korea Selatan itu mengatakan strateginya selalu disesuaikan dengan lawan yang akan dihadapi.

Pada Piala AFF, dia menampilkan strategi yang berbeda saat menghadapi Kamboja dan Laos dengan melawan Vietnam. Skuat Garuda tampil agresif dan terus menyerang saat menumbangkan Kamboja dan Laos sehingga mencetak total sembilan gol serta kebobolan tiga kali.

Namun, saat meladeni kekuatan Vietnam, Evan Dimas cs bermain sangat bertahan karena Shin menganggap lawan memiliki penyerang yang berbahaya. Hasilnya, laga berakhir imbang 0-0.

Simak selengkapnya jadwal Piala AFF 2020/2021 dan jadwal Timnas Indonesia, juga hasil pertandingan dan klasemen dengan klik di sini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Disiplin

Shin Tae-yong berharap Timnas Indonesia dapat kembali disiplin menerapkan semua strategi dan taktik saat melawan Malaysia. Dia juga mengingatkan skuat Garuda tinggal selangkah lagi lolos ke semifinal.

"Dengan hasil imbang saja, kami sudah lolos ke semifinal," ucap pelatih berusia 51 tahun itu.

Saat ini, Timnas Indonesia memimpin klasemen sementara Grup B dengan tujuh poin. Vietnam di posisi kedua dengan poin sama tetapi kalah selisih gol.

Sedangkan Malaysia bertengger di peringkat ketiga dengan enam poin. Disusul Kamboja dan Laos sebagai juru kunci, Laos.

 

3 dari 3 halaman

Catatan pertemuan

Indonesia mencatat empat kemenangan dan empat kekalahan dari Malaysia sejak 2010. Dua kekalahan terkini diderita skuad Garuda kala bersua Malaysia pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia 2019.

Saat itu, Timnas Indonesia masing-masing dengan skor 2-3 dan 0-2.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.