Sukses

Jelang Timnas Indonesia Vs Malaysia di Piala AFF 2020, Pasukan Siapa Lebih Komplet?

Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Malaysia pada lanjutan penyisihan grup B Piala AFF 2020.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia bakal menghadapi pertandingan melawan Malaysia pada lanjutan babak penyisihan grup Piala AFF 2020. Ini menjadi laga krusial bagi kedua tim untuk meraih tiket ke semifinal.

Pertandingan akan berlangsung di Stadion Nasional, Singapura, Minggu (19/12/2021). Sementara pada laga lainnya di Bishan Stadium, timnas Vietnam akan bertemu dengan timnas Kamboja.

Sebagai pimpinan grup B pada Piala AFF 2020 dengan koleksi tujuh poin, Timnas Indonesia sebenarnya hanya butuh hasil imbang untuk melaju ke babak semifinal. Sementara timnas Malaysia yang berada di urutan ketiga dengan 6 poin, tidak punya pilihan, selain wajib memenangkan pertandingan.

Menghadapi laga krusial ini, kedua tim dipastikan bakal menurunkan pasukan terbaiknya. Sebab kesalahan kecil berpotensi menjadi sandungan untuk melangkah ke babak selanjutnya. Selain itu, rivalitas sengit negara serumpun juga bakal menghadirkan laga yang menguras tenaga dan mental. 

Timnas Indonesia di bawah asuhan Shin Tae-yong, tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan. Pelatih asal Korea Selatan itu menggelar latihan pemulihan bagi pasukannya di Bukit Gombak, sehari setelah menahan imbang Vietnam tanpa gol. Dalam latihan ini, para pemain dibagi menjadi dua kelompok.

Kelompok pertama berisi pemain yang tampil melawan Vietnam. Mereka hanya menjalani latihan ringan untuk pemulihan. Sedangkan pemain yang tidak tampil dalam laga itu berada di kelompok kedua dan menjalnai latihan normal. Seperti dilansir dari situs PSSI, latihan berlangsung 1,5 jam. 

"Kondisi pemain sangat baik. Laga melawan Vietnam memang membuat pemain merasa terkuras stamina dan fisiknya. Saat ini kami langsung fokus menghadapi Malaysia," kata Shin Tae-yong.

 

Simak selengkapnya jadwal Piala AFF 2020/2021 dan jadwal Timnas Indonesia, juga hasil pertandingan dan klasemen dengan klik di sini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Elkan Baggott Selesai Karantina

Hingga kemarin, Shin Tae-yong tidak mengisyaratkan pemainnya ada yang cedera. Sebaliknya, timnas Indonesia sepertinya justru bakal mendapatkan tambahan amunisi lagi, yakni Elkan Baggott. Pemain naturalisasi itu sempat absen melawan Vietnam karena harus menjalani karantina dadakan. 

Baggott diungsikan dari hotel menyusul temuan Kementerian Kesehatan Singapura mengenai seseorang yang sepesawat dengannya dari London ke Singapura, terjangkit COVID-19. Akibat insiden ini, Baggott diminta karatina hingga Sabtu, 18 Desember 2021.

Artinya bila tidak ada halangan, Baggott bakal bisa tampil saat Indonesia bertemu Malaysia.  

Hingga saat ini, Timnas Indonesia juga masih menantikan kehadiran Egy Maulana Vikri yang bermain di klub FK Senica. Shin Tae-yong usai pertandingan melawan Vietnam beberapa hari lalu menyampaikan bila timnya sangat membutuhkan penyerang produktif dan berharap Egy bisa hadir secepatnya. 

3 dari 4 halaman

Lini Belakang Malaysia Keropos?

Nah, bagaimana dengan timnas Malaysia? 

Harimau Malaya sebenarnya tengah dihantui cedera pemain. Dua bek tengah andalan tim Negeri Jiran, yakni Shahrul Saad dan sang kapten Aidil Zafuan Abdul Razak dipastikan absen karena cedera. 

Tanpa kehadiran kedua pemain ini, Malaysia praktis hanya memiliki Dominic Tan di posisi bek tengah. Pemain ini sempat menjadi sorotan akibat dianggap tampil buruk saat Malaysia bertemu Vietnam. 

Meski demikian, Pelatih Timnas Malaysia, Tan Cheng Hoe sedikit bisa bernapas lega. Pasalnya, pemain keturunan, Dion Cools sudah terbang dari Denmark menuju Singapura. Pemain berdarah Belgia-Malaysia itu kemungkinan bakal jadi tandem Dominic untuk menambal pertahanan Malaysia. 

 

4 dari 4 halaman

Selesai Isolasi Mandiri

Selain itu, Chen Hoe juga bakal mendapat tambahan amunisi di sektor winger. Akhyar Rashid yang sebelumnya absen dalam dua pertandingan akibat COVID-19, sudah selesai menjalani isolasi mandiri. 

Bila tidak ada kendala, Rahsid juga bakal tersedia di stok amunisi Malaysia melawan Indonesia. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.