Sukses

Piala AFF 2020/2021: Timnas Malaysia Panggil Kiper Berdarah Inggris

Kiper Malaysia, Khairul Fahmi pernah menjadi momok bagi timnas Indonesia di Piala AFF 2010.

Liputan6.com, Jakarta Sektor penjaga gawang menjadi salah satu pekerjaan rumah timnas Malaysia di Piala AFF 2020/2021. Skuat Harimau Malaya kini hanya memiliki satu kiper menyusul absennya Khairulazhan Khalid. 

Khalid tidak bisa tampil hingga 10 hari ke depan akibat terjangkit virus COVID-19. Selain dia, pemain Malaysia lainnya, yakni Faisal Halim juga tengah menjalani isolasi mandiri akibat kasus yang sama. 

Pada pertandingan pertama melawan Kamboja, Senin (6/12/2021), timnas Malaysia menurunkan Khairul Fahmi. Penjaga gawang veteran ini sudah enam kali tampil di Piala AFF. Salah satu penampilan yang tak bisa dilupakan adalah ketika memperkuat Malaysia pada turnamen yang sama 2010 lalu. 

Saat itu, Fahmi menjadi momok bagi timnas Indonesia yang tinggal selangkah lagi juara. Pada leg pertama babak final yang mempertemukan Malaysia dan Indonesia, Fahmi tampil memukau. Dia melakukan sejumlah penyelamatan gemilang termasuk sepak pojok melengkung Firman Utina. 

Timnas Indonesia akhirnya menyerah dengan skor 0-3. Selanjutnya di leg kedua, timnas Malaysia hanya kalah 1-2 dan akhirnya keluar sebagai juara setelah unggul agregat 4-2.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kembali Dipercaya

Pada Piala AFF 2020, Khairul Fahmi kembali dipercaya mengawal mistar gawang Malaysia di laga perdana melawan Kamboja. Dalam duel ini, Timnas Malaysia mampu menang dengan skor 3-1. 

Meski demikian, pelatih Malaysia Tan Cheng Hoe, sepertinya tidak mau ambil resiko. Melalui federasi sepak bola Malaysia, FAM, pelatih 53 tahun itu pun mengajukan pergantian penjaga gawang. 

 

3 dari 3 halaman

Pergantian Kiper

Seperti dilansir dari soha.vn, FAM mengirimkan permohonan untuk mendatangkan Samuel Somerville. Pemain naturalisasi berdarah Inggris tersebut rencananya akan mengisi posisi Khairulazhan Khalid. Sebelumnya, Somerville pernah memperkuat Malaysia di babak kualifikasi Piala Dunia 2022. 

Sekjen FAM, Saifuddin Abu Bakar mengatakan, berdasarkan aturan turnamen di level FIFA atau AFC, posisi kiper punya hak istimewa bahwa pergantian pemain dapat dilakukan dalam keadaan tertentu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.