Sukses

Hasil FP1 GP Arab Saudi: Lewis Hamilton Kalahkan Max Verstappen

Hamilton mencetak 1:29,786 dan mengungguli rival utamanya dalam perebutan gelar juara dunia musim ini, Max Verstappen

Liputan6.com, Jakarta Pembalap tim Mercedes Lewis Hamilton tampil menjadi yang tercepat di sesi latihan bebas pertama Formula 1 (F1) Grand Prix Arab Saudi 2021 di Sirkuit Jeddah, Jumat malam WIB (3/12/2021).

Hamilton mencetak 1:29,786 dan mengungguli rival utamanya dalam perebutan gelar juara dunia musim ini, Max Verstappen dengan margin 0,056 detik. Posisi ketiga ditempati Valtteri Bottas dengan jarak 0,223 detik dari rekan satu timnya.

Hamilton berjarak delapan poin dari Verstappen yang menghuni puncak klasemen menuju balapan penultima musim ini di Sirkuit Corniche Jeddah.

Verstappen memiliki peluang mengunci gelar juara dunia pertamanya apabila ia meraup 18 poin lebih banyak dari Hamilton pada akhir pekan nanti.

Pembalap tim AlphaTauri Pierre Gasly finis di posisi empat di depan Antonio Giovinazzi yang membawa Alfa Romeo ke lima besar, mengungguli duet Ferrari Carlos Sainz dan Charles Leclerc.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kewalahan

Daniel Ricciardo finis P8 untuk McLaren di saat Fernando Alonso dan Sebastian Vettel melengkapi sepuluh besar untuk tim Alpine dan Aston Martin.

Sementara itu, rekan satu tim Verstappen di Red Bull, Sergio Perez kewalahan menemukan kecepatan untuk menembus sepuluh besar, finis P11 dengan jarak lebih dari satu detik dari pemuncak sesi.

3 dari 3 halaman

Tak Nyaman

Sebelumnya dikabarkan Lewis Hamliton merasa tidak nyaman balapan di Arab Saudi. Padahal seri ini terbilang krusial bagi dalam upaya pembalap asal Inggris itu menjegal rivalnya, Max Verstappen jadi juara F1 musim ini.

"Seperti yang saya katakan pada balapan terakhir [di Qatar], saya merasa bahwa olahraga dan kami berkewajiban untuk berusaha membantu meningkatkan kesadaran akan masalah-masalah tertentu yang telah kami lihat, khususnya hak asasi manusia di negara-negara yang akan kami tuju," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.