Sukses

Fakta Menarik Jelang Pertandingan Persija Melawan Persib di BRI Liga 1, Siapakah yang Terbaik?

Persib Bandung akan menghadapi Persija Jakarta pada laga pembuka seri ketiga lanjutan BRI Liga 1 2021/2022. Pertandingan laga klasik yang sarat akan gengsi tersebut sangat menarik untuk dinanti, terkhusus para pendukungnya.

Liputan6.com, Jakarta Persib Bandung akan menghadapi Persija Jakarta pada laga pembuka seri ketiga lanjutan BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Manahan Solo, Sabtu 20 November 2021 pukul 21.00 WIB mendatang.

Rivalitas Persib dengan Persija memang telah muncul sejak lama. Apalagi, kedua tim sama-sama memiliki pendukung fanatik dan loyal diyakini membuat pertandingan antar kedua kesebelasan tersebut akan sarat penuh dengan gengsi mengingat sejarah panjang rivalitas keduanya.

Melansir data resmi Liga Indonesi baru, Persib Bandung mengantongi modal apik menjelang laga melawan Persija Jakarta. Klub berjuluk Maung Bandung itu bahkan memetik lima kemenangan beruntun dalam laga yang tersaji pada seri kedua Liga 1 2021-2022.

Alhasil, Persib Bandung kini menempati peringkat kedua klasemen Liga 1 2021-2022 dan hanya tertinggal tiga poin dari Bhayangkara FC selaku pemimpin klasemen sementara.

Di sisi lain, Persija Jakarta memiliki catatan mengkhawatrikan dalam lima laga terakhirnya. Marko Simic dkk hanya mencatatkan satu kemenangan, dua seri, dan dua kekalahan.

Hasil itu membuat tim berjuluk Macan Kemayoran tersebut tertahan di peringkat kesembilan dengan koleksi 15 poin dari 11 laga, terpaut empat poin dari Bali United yang berada di peringkat kelima klasemen Liga 1 2021-2022.

Jika melihat statistik dan performa kedua kesebelasan saat ini,  Persib Bandung memang lebih layak diunggulkan ketimbang Persija Jakarta pada pertandingan esok.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mewaspadai Ancaman Persija Jakarta

Namun, statistik hanyalah sebuah catatan simbol dan angka. Sebab, jika sudah di lapangan, Persija kerap memiliki motivasi tinggi saat berduel dengan rival abadinya, Persib Bandung. Mental dan gengsi akan lebih diunggulkan dalam duel tersebut untuk mencari siapa yang menjadi superior.

Faktanya, Persija menjadi satu-satunya tim yang dapat mengalahkan Persib di Piala Menpora kala itu. Padahal, klub yang dipimpin oleh Robert Alberts tersebut sebelumnya menjadi yang tak terkalahkan selama berkiprah di Piala Menpora 2021.

Bahkan, Skuad Macan Kemayoran berhasil melakukannya dua kali di partai final berkat kemenangan 2-0 dan 2-1. Pertandingan tersebut sekaligus menjadi pertemuan terakhir antar kedua kesebelasan.

Catatan tersebut dapat menjadi modal kepercayaan diri Persija saat kembali bersua Persib pada Liga 1 2021-2022.

Ambisi Persija untuk mengalahkan Persib Bandung tak dapat dianggap remeh. Persija dikenal mampu memperlihatkan skema pertarungan yang tak tersangka-sangka, di luar dari yang sudah diprediksikan.

Sebaliknya, bagi Persib Bandung, catatan tersebut menjadi pengingat untuk tetap waspada meski secara peringkat lebih unggul atas Persija sejauh ini.

Untuk diketahui, Persija merupakan tim terakhir yang mampu mengalahkan Persib Bandung dalam laga resmi. Setelahnya, Persib menjadi tim yang tidak pernah terkalahkan hingga pertandingan terakhirnya di Liga 1 saat ini.

 

3 dari 5 halaman

Menarik untuk Dinantikan

Melihat fakta tersebut, Persib Bandung berpeluang untuk menambah torehan rekor tak terkalahkan nya sekaligus dapat mendobrak posisi Bhayangkara FC dipuncak klasemen.

Disisi lain, Persija berkesempatan untuk dapat kembali mematahkan catatan gemilang Persib, sekaligus memambah poin mereka agar dapat ikut bersaing dipapan atas klasemen BRI Liga 1.

Dengan demikian, pertandingan laga klasik yang sering disebut El Classico Indonesia tersebut sangat menarik untuk dinantikan.

Dari 10 pertandingan terakhir yang telah dilalui antar kedua tim, Persija mampu menunjukan taringnya dengan empat kali kemenangan. Sisanya, empat pertandingan di antaranya berakhir imbang dan Persib memperoleh dua kali kemenangan.

 

4 dari 5 halaman

Head to Head Pertemuan Kedua Tim

Berikut adalah rekor pertemuan antara Persija Jakarta dan Persib Bandung dalam 10 pertandingan terakhir.

• Persib 1-2 Persija (Piala Menpora, 25 April 2021)

• Persija 2-0 Persib (Piala Menpora, 22 April 2021)

• Persib 2-0 Persija (Liga 1, 28 Oktober 2019)

• Persija 1-1 Persib (Liga 1, 10 Juli 2019)

• Persib 3-2 Persija (Liga 1, 23 September 2018)

• Persija 1-0 Persib (Liga 1, 30 Juni 2018)

• Persija 3-0 Persib (Liga 1, 3 November 2017)

• Persib 1-1 Persija (Liga 1. 22 Juli 2017)

• Persija 0-0 Persib (Torabika Soccer Championship, 5 November 2016)

• Persib 0-0 Persija (Torabika Soccer Championship)

Penulis: Rafi A Rochim

5 dari 5 halaman

Update Klasemen BRI Liga 1 2021/2022

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.