Sukses

WSBK Mandalika Jadi Seri Terakhir, Toprak Razgatlioglu Bakal Akhiri Dominasi Jonathan Rea?

Jelang seri terakhir di Mandalika, pembalap Yamaha Toprak Razgatlioglu berpotensi mengakhiri dominasi Jonathan Rea jika dirinya sukses menjaga keunggulan hingga akhir balapan.

Liputan6.com, Jakarta - Persaingan World Superbike (WSBK) makin memanas. Menjelang akhir musim, peraih gelar juara Superbike 2021 belum mutlak terlihat.

Lomba yang berlangsung di Sirkuit Mandalika pada 19–21 November mendatang menjadi balapan terakhir sekaligus penentu kemenangan di WSBK musim ini.

Adapun pembalap Pata Yamaha Toprak Razgatlioglu hingga kini masih berada di puncak klasemen sementara dengan torehan 531 poin. Ia tercatat unggul 30 angka dari sang raja Superbike Jonathan Rea.

Jika Razgatlioglu berhasil menjaga keunggulan hingga akhir Pirelli Indonesian Round di Mandalika, dirinya bakal mencetak sejarah sebagai juara baru WSBK dari Yamaha sekaligus mengakhiri dominasi Rea yang berlangsung sejak 2015.

Melansir situs resmi WSBK, Ben Spies hingga kini masih tercatat sebagai satu-satunya juara dari Yamaha. Pembalap yang sukses menyabet gelar pada 2009 tersebut juga turut memberi komentar soal WSBK jelang seri terakhir musim ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Komentar Spies

“Saya suka menyaksikan Toprak (Razgatlioglu). Musim ini (adalah musim yang) luar biasa dengan balapan yang hebat. Saya penggemar Toprak, (dan) ia merupakan penggemar saya saat kecil,” ujar Spies seperti dikuti dari WSBK.com.

Spies juga mengaku dirinya gembira atas pencapaian Yamaha serta segala hal yang telah mereka lakukan sejauh ini. Baginya, WSBK musim ini telah menjadi kejuaraan yang amat menyenangkan untuk ditonton.

3 dari 4 halaman

Perlu Berupaya

Meski demikian, Spies tak menampik bahwa Razgatlioglu perlu melakukan banyak upaya agar bisa merebut gelar juara musim ini. Pasalnya, Rea merupakan pembalap berbakat yang tidak akan serta-merta menerima ketertinggalannya saat ini.

“Toprak harus banyak melakukan upaya karena Jonny (adalah pembalap) berbakat. Akan tetapi, ia juga memiliki lingkaran yang sangat baik di sekitarnya–hal yang Anda butuhkan jika Anda ingin memenangkan gelar juara,” tuturnya.

4 dari 4 halaman

Optimistis

Selaras dengan penilaian Spies, Bos Kawasaki Racing Tim Guim Roda mengaku optimistis Jonathan Rea bisa menjadi juara dunia pada seri terakhir WSBK 2021 pada November ini.

Meski berat, Roda meyakini balapan mendatang bakal berjalan ketat. Apalagi, Alex Lowes sudah pulih dari cedera sehingga dipastikan dapat membantu Rea dalam menyaingi Razgatlioglu.

“Jonny merupakan pembalap bagus. Tetapi, dia harus terus belajar. Yamaha dan Toprak bekerja dengan sangat baik. Begitu pula dengan (Scott) Redding,” kata Roda, seperti dikutip Liputan6.com dari Crash.

 

Penulis: Melinda Indrasari

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.