Sukses

Profil Wimpy S Tjetjep, Ikon Bridge Indonesia

Wimpy S Tjetjep merupakan ketua umum PB GABSI yang paling dekat dan sangat peduli dengan kondisi atlet serta komunitas bridge.

Liputan6.com, Jakarta - Mantan ketua umum Pengurus Besar Gabungan Bridge Seluruh Indonesia Wimpy S Tjetjep meninggal dunia. Almarhum meninggal di usia 68 tahun, Minggu, 14 November 2021.

Sejak 2015, Wimpy S Tjetjep terkena penyakit stroke. "Beberapa waktu lalu kondisinya menurun, kemudian sempat membaik," kata sekretariat PB Gabsi Yulian Tosra seperti dikutip Gerak Kita.

Wimpy pernah menjadi ketua umum PB GABSI periode 2006-2010. Selain itu, dia juga sempat menjabat sebagai kedua dewan pembina PB GABSI 2010-2014 dan anggota badan pembina PB GABSI 2018-2022.

"Beliau ketum yang paling dekat dengan pemain. Beliau sangat peduli dengan kondisi atlet dan komunitas bridge," ucap Yulian. "Para atlet tidak hanya didukung untuk berprestasi, namun juga dalam berkarier. Beberapa atlet berhasil membangun karier di BUMN."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Semua untuk bridge

Wimpy S Tjetjep adalah alumni Teknik Geologi Institut Teknologi Bandung. Menurut mantan atlet bridge Pudji Balistika di Facebook, Wimpy memiliki semangat yang luar biasa dalam menekuni olahraga asah otak itu.

"Beliau baru saja pulang kerja, ikut berlatih, bahkan tas kerjanya saja belum sempat disimpan di rumah," kata Pudji tentang sosok Wimpy.

Wimpy kemudian membentuk Team Geologi dengan mempersatukan pemain-pemain bridge kota Bandung. Dia menata pemain dan pengurus dengan gaya karyawan Geologi.

"Pokoknya bridge Jawa Barat harus ada kemajuan, harus cepat menumpas kerikil-kerikil dan hal-hal yang kurang bermanfaat," ucao Wimpy seperti diceritakan Pudji.

Tidak hanya pikiran dan keluarga, Wimpy juga mengeluarkan banyak biaya untuk timnya yang bertanding di kejuaraan nasional. "Kartu kredit yang seharusnya untuk makan keluarga beliau pergunakan untuk biaya bridge. Saya baru melihat pejabat pemerintah yang edan untuk bridge padahal beliau masih pendatang baru," tutur Pudji.

Prestasi Geologi dipimpin Wimpy terus menunjukan grafik prestasi yang meningkat. Mulai jadi juara di Jawa Barat, langganan menjuarai turnamen di Jakarta, bahkan merambah sampai ke Surabaya dan kota – kota lain. Geologi juga mulai jadi langganan juara di tingkat ASEAN.

Wimpy lalu dipercaya jadi Ketua Pengda GABSI Jawa Barat. Di tangannya, Jawa Barat mulai diperhitungkan oleh pemain-pemain yang ada di Indonesia.

 

3 dari 3 halaman

Pemain andal

Wimpy tidak hanya sekadar mahir sebagai pengurus, tapi juga andal sebagai pemain bridge. Pada 1998, Wimpy menjadi juara Liga Bridge Nasional dan juara ketiga kompetisi Nasional Antarkota di Bandung.

Empat tahun berselang, pria kelahiran Makassar itu juga meraih dua prestasi yakni juara nasional antarklub di Palembang dan juara antarklub ASEAN di Singapura. Wimpy menjadi juara Geologi Cup di Bandung pada 2004.

Setelah itu, Wimpy pada 2006 juara Mixed Tim di Singapura. Setahun kemudian, dia menjadi Juara Liga Bridge Nasional.

Ketika berpasangan dengan Noldy George, Wimpy juara ASEAN di Malaysia. Kemudian pada 2010, Wimpy juara turnamen nasional timah di Tangerang.

Wimpy pernah menjabat sebagai ketua umum GABSI 2006-2010. Pada kejuaraan bridge di China, seluruh tim Indonesia masuk klasifikasi 5 tim. Ini merupakan sejarah untuk bridge Indonesia dan baru terjadi di periode kepengurusan Wimpy.

Selain di dunia olahraga, Wimpy juga sempat menjabat sebagai Deputi III Menko Perekonomian bidang Koordinasi Energi, Sumber Daya Alam dan Kehutanan pada 2005-2013. Selain itu, dia juga pernah mengisi posisi komisaris BUMN di PT Timah dan PLN.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.