Sukses

Indonesia Badminton Festival Digelar dengan Sistem Bubble, Simak Penjelasannya!

Indonesia Badminton Festival akan diselenggarakan dengan sistem bubble. Terdapat tiga turnamen akbar yang termasuk dalam Indonesia Badminton Festival: Indonesia Masters 2021, Indonesia Open 2021, dan BWF World Tour Finals 2021

Liputan6.com, Jakarta - Tiga turnamen bulu tangkis akbar bertajuk Indonesia Badminton Festival akan digelar di Bali International Convention Center, Westin Resort Nusa Dua, Bali, mulai 16 November hingga 5 Desember 2021 mendatang.

Indonesia Badminton Festival terdiri atas Daihatsu Indonesia Masters 2021 yang dijadwalkan berlangsung 16–21 November 2021, SimInvest Indonesia Open 2021 yang dihelat pada 23–38 November 2021, serta BWF World Tour Finals 2021 pada 1–5 Desember 2021.

Terkait hal ini, PBSI telah memastikan bahwa turnamen akan diselenggarakan tanpa penonton dalam sistem bubble. Hal ini dilakukan guna menghindari munculnya klaster baru penularan Covid-19 sepanjang turnamen.

Melalui akun Twitter resminya, PBSI menjelaskan sistem bubble (gelembung) akan memungkinkan panitia membatasi interaksi seluruh partisipan dengan pihak lain di luar gelembung. Sistem ini sejatinya juga telah diterapkan di Olimpiade Tokyo lalu.

Adapun, partisipan yang mencakup atlet, pelatih, ofisial, panitia, hingga media, diharuskan masuk ke area bubble selambat-lambatnya Kamis, 11 November 2021 malam, pukul 23.59 WITA (22.59 WIB).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dilarang Keluar

Usai masuknya seluruh peserta Indonesia Badminton Festival, The Westin Resport dan Bali International Convention Center juga kabarnya akan ditutup untuk pihak luar hingga akhir penyelenggaraan turnamen.

Selanjutnya, semua kegiatan Indonesia Badminton Festival akan dilakukan dengan berpusat di area bubble. Peserta pun dilarang untuk keluar dari area tersebut.

3 dari 4 halaman

Kegiatan dan Fasilitas

Guna menghindari para peserta Badminton Indonesia Festival merasa bosan selama berada di area bubble, PBSI telah menyiapkan berbagai kegiatan dan fasilitas yang dapat dimanfaatkan oleh para peserta.

Fasilitas tersebut mencakup outdoor cinema, yoga, volley ball, private beach yang dibuka mulai 13 November, swimming, pop up markets, pop up Indonesian food, live band, culture dance, tennis court, dan sebagainya.

4 dari 4 halaman

Tiba di Bali

Sebelumnya, para pebulu tangkis Indonesia telah terbang dan tiba di lokasi penyelenggaraan melalui dua kloter keberangkatan, yakni pada 9 November dan 10 November 2021. Hal ini seperti dikutip dari akun Twitter resmi Badminton Indonesia.

Adapun, kloter pertama diikuti oleh Gregoria Mariska Tunjung, Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja, Siti Fadia Ramadhanti/Ribka Sugiarto, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti, Pramudya Kusumawardana/Yeremia Rambitan, Tommy Sugiarto, dan sejumlah pemain lainnya.

Sementara itu, kloter kedua diisi oleh empat pasang ganda putra Indonesia, yakni Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, serta Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin.

 

Penulis: Melinda Indrasari

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.