Sukses

Peraturan Salary Cap yang Buat Barcelona Gagal Perpanjang Kontrak Lionel Messi

Liputan6.com, Jakarta Barcelona resmi mengumumkan Lionel Messi tidak akan melanjutkan karier bersama mereka per Jumat (6/8/2021) dinihari WIB. Peraturan La Liga soal alokasi gaji (salary cap) mengganjal keinginan Barcelona memperpanjang kontrak sang bintang.

Dilansir NBC Sports, La Liga sebelumnya memutuskan mengurangi batas alokasi gaji sebesar 2,3 milyar euro Rp 39 triliun dari 2,9 miyar euro untuk 20 klub peserta. Pengurangan itu dilakukan untuk melindungi finansial klub di tengah pandemi covid-19.

Salary cap merupakan aturan pembatasan gaji yang diterapkan La Liga untuk klub-klub peserta. Peraturan itu tidak hanya membatasi alokasi gaji untuk pemain, melainkan seluruh anggota skuat mulai dari pelatih hingga para staf pelatih.

Dalam pelaksanaannya, La Liga akan menetapkan batas gaji yang berbeda untuk setiap klub. Batasan itu ditetapkan setelah La Liga menganalisa performa finansial dari masing-masing klub.

La Liga menginginkan Barcelona hanya mengalokasikan dana untuk gaji sebesar 383 juta euro di musim ini. Padahal, Barcelona di musim lalu mengalokasikan dana 671 juta euro.

Alhasil, klub-klub La Liga harus menyesuaikan diri. Jika tidak, klub tidak bisa mendaftarkan pemain baru yang didatangkan di bursa transfer musim panas ini.

Itulah peraturan yang membuat Barcelona tidak bisa memperpanjang kontrak Messi. Pasalnya, alokasi gaji pemain Barcelona masih di luar batas yang ditetapkan La Liga.

"Barcelona telah melampaui alokasi gaji mereka," kata CEO La Liga, Javier Tebas seperti dilansir Optus.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ogah Mengutak-atik

Tebas sendiri sudah bersikukuh tidak akan melonggarkan aturan demi Messi dan Barcelona. Pernyataan itu diucapkannya pada Juni lalu.

"Peraturan harus ditegakkan. Kami tidak akan mengubahnya. Kami tidak akan membuat pengecualian untuk Messi," kata Tebas.

"Pengurangan gaji yang dilakukan Barcelona sudah di trek yang benar, tetapi tidak akan ada peraturan spesial untuk mereka, ujarnya menambahkan.

3 dari 3 halaman

Lakukan Segala Cara

Barcelona sebetulnya sudah melakukan segala cara agar kontrak Messi bisa diperpanjang. Mereka antara lain menjual beberapa pemain seperti Junior Firpo dan Francisco Trincao di bursa musim ini.

Sayangnya hal itu masih jauh dari kata cukup. Pasalnya, Barcelona belum bisa menjual pemain yang bergaji besar seperti Antoine Griezmann, Jordi Alba, dan Philippe Coutinho.

Padahal, penjualan pemain-pemain itu diprediksi bisa mengurangi beban keuangan Barcelona. Klub pun bisa memperpanjang kontrak Messi plus mendaftarkan para pemain baru seperti Aguero, Depay, dan Eric Garcia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Barcelona adalah salah satu klub besar dunia yang bermain di La Liga Spanyol
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya mengenai FC Barcelona yang memiliki julukan Barça

    Barcelona

  • La Liga adalah liga sepak bola divisi tertinggi yang ada di Spanyol.
    La Liga merupakan sebuah liga sepak bola divisi tertinggi yang ada di Spanyol.

    La Liga

  • Lionel Messi adalah pemain sepak bola berbakat asal Argentina yang tergabung dalam klub Barcelona
    Lionel Messi adalah pemain sepak bola berbakat asal Argentina yang tergabung dalam klub Barcelona

    Lionel Messi

  • Messi