Sukses

Resmi Pensiun, Valentino Rossi Batal Balapan di MotoGP Mandalika

Liputan6.com, Jakarta- Keinginan pecinta Valentino Rossi di Indonesia melihat pujaannya membalap di Sirkuit Mandalika sirna. Rossi telah mengumumkan tidak akan membalap lagi di MotoGP musim depan.

Dalam jumpa pers pada Kamis (5/8/2021), Rossi memastikan akan berhenti membalap setelah MotoGP 2021 berakhir. Rossi gantung helm pada usia 42 tahun.

"Saya telah memutuskan untuk berhenti di akhir musim ini jadi sayangnya ini akan menjadi setengah musim terakhir saya sebagai pembalap MotoGP," ujar Rossi dalam jumpa pers resmi.

Keputusan Rossi pensiun membuat pria Italia itu tidak akan turun di balapan MotoGP Mandalika yang rencananya akan digelar tahun 2022.

Padahal banyak fans Rossi di Indonesia sangat menunggu kesempatan melihat pembalap kesayangannya itu tampil di MotoGP Mandalika.

2 dari 3 halaman

Sempat di Sentul

Rossi sempat sekali tampil di balapan resmi di Indonesia saat masih pemula. Di tahun 1997, Rossi memenangi kelas 125cc yang berlangsung di Sirkuit Sentul.

MotoGP Mandalika sendiri sempat dijadwalkan digelar tahun 2021 ini. Namun akhirnya ditunda karena pandemi Covid-19 yang belum terkendali. Rencananya MotoGP Mandalika baru akan digelar Maret 2022.

 

3 dari 3 halaman

Pencapaian

Rossi merupakan salah satu pembalap terbaik dalam sejarah MotoGP. Dia sudah tujuh kali jadi juara dunia di kelas teratas, 115 kali menjuarai Grand Prix dan 235 kali naik podium.

Sayangnya performa Rossi sudah sangat menurun dalam beberapa musim terakhir. Puncaknya di musim 2021 ini. Pencapaian terbaiknya hanya finis di posisi 10. Rossi terpuruk di 19 dengan baru mendapatkan 17 poin saja.