Sukses

Bertemu di Olimpiade Tokyo 2020, Gerysia / Apriani Ingin Balas Kekalahan atas Wakil Malaysia

Liputan6.com, Jakarta Sehari setelah pembukaan, tim bulu tangkis Indonesia akan mengawali kiprahnya di Olimpiade Tokyo 2020 / 2021. Cabang tepok bulu memulai laga perdana mulai Sabtu (24/7/2021).

Greysia Polii/Apriyani Rahayu jadi wakil Indonesia yang pertama tampil. Ganda putri peringkat enam dunia tersebut bakal meladeni permainan ganda Malaysia, Chow Mei Kuan/Lee Meng Yean di lapangan dua Mushashino Forest Sport Plaza, Tokyo mulai pukul 09.00 waktu setempat atau pukul 07.00 WIB.

"Kami sudah siap pikiran dan fokusnya untuk menghadapi semua lawan di grup A ini," ujar Greysa dalam rilis yang diterima Liputan6.com, Jumat (23/7/2021) 

"Strategi khususnya hanya mempersiapkan diri sebaik mungkin. Fokus. Pikirannya tidak kemana-mana. Tenang," lanjutnya.

Di pertemuan terakhir dengan Chow/Lee, Greys/Apri mengalami kekalahan yang cukup menyakitkan. Kala itu, mereka bertemu di laga pamungkas grup A BWF World Tour Finals 2020 bulan Januari silam di Bangkok, Thailand. Greys/Apri yang hanya membutuhkan satu gim kemenangan, akhirnya harus menyerah dua gim langsung 13-21, 17-21 yang membuat mereka tidak berhasil lolos ke babak semifinal.

Hal ini yang tidak ingin diulang oleh juara Indonesia Masters 2020 itu.

"Head to head kami dengan mereka 2-2, di pertemuan terakhir kami kalah. Itu yang tidak boleh terulang," tutur Greys.

"Pertandingan pertama di fase grup sangatlah penting untuk langkah selanjutnya. Kami harus fokus, tidak boleh lengah dan langsung in mainnya," jelas Greys.

 

Saksikan juga video menarik di bawah ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kenyang Pengalaman

Sebagai pemain yang kenyang pengalaman, Greys yang sudah mencicipi dua kali Olimpiade sebelumnya pun tetap diliputi rasa tegang. Tapi ia menganggap ketegangan adalah suatu hal yang positif.

"Tegang pasti ada, justru bagus kalau tegang berarti siaga dalam persiapan," katanya.

Merasakan Olimpiade di tiga edisi berbeda merupakan hal yang luar biasa bagi Greys, apalagi ia melakoninya dengan tiga partner berbeda

Di edisi pertama Greys turun di Olimpiade London 2012 bersama Meiliana Jauhari, empat tahun berikutnya di Rio 2016, Greys menggandeng Nitya Krishinda Maheswari. Dan saat ini di Tokyo 2020, Greys berpasangan dengan Apriyani Rahayu.

"Puji Tuhan saya diberikan kesempatan untuk mewakili Indonesia di tiga Olimpiade. Walau di dua edisi sebelumnya saya belum bisa menyumbang medali tapi pengalaman ini adalah sesuatu yang luar biasa," ungkap Greys.

"Tokyo 2020 mungkin akan jadi Olimpiade terakhir saya. Semoga saya dan Apri bisa memberikan yang maksimal untuk Indonesia," sambungnya.

 

3 dari 3 halaman

Nyaman di Kampung Atlet

Greys yang saat ini berusia 33 tahun juga bercerita pengalaman seputar Olimpiade yang dirasakannya.

"Salah satu yang paling menyenangkan dan dirindukan dari Olimpiade adalah suasana di Athlete Village. Kita merasa seperti punya dunia sendiri karena banyak banget orang tapi mereka semua itu atlet dunia dari seluruh dunia," cerita Greys.

"Di Tokyo 2020 ini yang berbeda adalah makanannya. Makanannya lebih enak dari dua edisi sebelumnya," ujar Greys sambil tertawa.

"Selain itu, tempatnya nyaman dan kebetulan banget kita dapat apartemen unitnya view ke laut dan gedung-gedung kota Tokyo. Bagus banget. Udara juga bersih dan area sekitar village nyaman buat atletnya," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.