Sukses

Bintang NBA LeBron James Ukir Rekor, Raup Pendapatan Rp 14,4 Triliun

Liputan6.com, Jakarta- Bintang NBA LeBron James kembali menorehkan tinta emas. Forward Los Angeles Lakers itu menjadi pemain aktif NBA pertama yang berhasil memperoleh pendapatan 1 miliar dolar Amerika Serikat atau Rp 14,4 triliun.

Menurut Sportico, LeBron sepanjang kariernya selama 20 tahun telah meraup 1 miliar dolar. Belum pernah ada bintang NBA yang mampu mendapatkan 1 miliar dolar saat masih aktif bermain.

Seorang Michael Jordan saja tidak bisa mendapatkan pendapatan 1 miliar dolar ketika masih bermain. Jordan baru melewati 1 miliar dolar dan kemudian dua miliar dolar setelah berhenti bermain di NBA.

Pendapatan sebanyak itu didapat LeBrob dari gaji, iklan dan juga perusahaan produksi miliknya. Dari gajinya selama main di NBA, LeBron memperoleh 330 juta dolar.

LeBron mendapat 700 juta dolar dari penjualan merchandise, endorsement, perusahaan produksi miliknya serta usaha di luar lapangan lainnya.

2 dari 4 halaman

Nike

Besarnya pendapatan LeBron tak mengejutkan. Sejak remaja, LeBron sudah jadi pusat perhatian. LeBron telah didekati perusahaan sepatu untuk dikontrak saat masih SMA.

LeBron dikontrak Nike selama seumur hidup dengan bayaran yang diperkirakan bisa menembus 1 miliar dolar. Selain Nike, LeBron juga menjadi bintang iklan beberapa perusahaan besar seperti Walmart, Beats, Pepsi, GMC dan masih banyak lainnya).

Pundi-pundi LeBron semakin tebal karena juga punya bisnis perusahaan produksi. Perusahaan milik LeBron mampu membuat acara untuk stasiun televisi HBO dan ABC serta beberapa dokumenter.

Yang teranyar, perusahaan milik LeBron membuat film Space Jam 2 yang mampu mencetak box office.

3 dari 4 halaman

Durant

Sportico melaporkan ada satu pemain NBA lain yang berpeluang menyusul LeBron meraup 1 miliar dolar saat masih aktif bermain yakni Kevin Durant.

Saat ini Durant sudah mendapat 580 juta dolar sepanjang kariernya. Kekayaan Durant sudah pasti bertambah 84 juta dolar dari kontraknya di Brooklyn Nets untuk dua musim mendatang.

Durant juga berpeluang menambah pemasukkan dari kontrak sepatu. Kontrak Durant dengan Nike akan habis 2024.

 

 

 

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Menarik Ini