Sukses

Pembawa Bendera di Pembukaan Olimpiade 2020: Sejarah, Inggris Raya Tunjuk Atlet Muslim

Liputan6.com, Jakarta - Pembukaan Olimpiade Tokyo 2020 berlangsung di National Stadium, Jumat (23/7/2021). Dengan susunan acara masih dirahasiakan, ada dua momen yang pasti digelar.

Selain penyalaan obor, parade peserta adalah momen yang ditunggu pada upacara pembukaan Olimpiade 2020.

Ada 205 tim yang berpartisipasi, berkurang satu setelah Guinea mengundurkan diri. Sebanyak 204 merupakan negara, dengan satu tim pengungsi.

Pada Maret 2020, Komite Olimpiade Internasional mempersilahkan kontingen menunjuk dua pembawa bendera, satu pria dan satu perempuan. Keputusan ini diambil untuk mempromosikan kesetaraan gender.

Indonesia menggunakan opsi itu untuk menunjuk Rio Waida (selancar) dan Nurul Akmal (angkat besi) pada upacara pembukaan Olimpiade Tokyo.

 

2 dari 5 halaman

Jepang, AS, dan Inggris Raya

Tuan rumah Jepang memilih Rui Hachimura (basket) dan Yui Susaki (gulat). Sementara Amerika Serikat menunjuk Eddy Alvarez (bisbol) dan Sue Bird (basket).

Tim Inggris Raya membuat sejarah dengan menunjuk atlet muslim pertama untuk membawa bendera sepanjang mengikuti Olimpiade, yakni Mohamed Sbihi (dayung). Sbihi bakal berdamping bersama Hannah Mills (layar).

3 dari 5 halaman

Tiongkok dan Malaysia

Tiongkok diwakili Zhao Shuai (taekwondo) dan Zhu Ting (voli). Sementara negara tetangga Malaysia menunjuk Lee Zii Jia dan Goh Liu Ying (keduanya bulu tangkis).

4 dari 5 halaman

Infografis

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Berikut Ini