Sukses

Lifter Nurul Akmal Bangga Dapat Tiket Olimpiade Tokyo 2020

Liputan6.com, Jakarta - Lifter Nurul Akmal menorehkan sejarah dengan mendapatkan tiket ke Olimpiade Tokyo 2020. Atlet angkat besi Indonesia asal Aceh itu meraihnya setelah dinyatakan sebagai lifter terbaik saat pertemuan IWF pada pertengahan Maret tahun lalu.

"Alhamdulillah, dalam meeting IWF pada 19 Maret lalu di Tokyo, Nurul Akmal sudah ditentukan untuk lolos, setelah ditentukan siapa-siapa yang jadi wakil terbaik dari tiap benua," Ketua Umum Pengprov PABBSI Aceh Teuku Rayuan Sukma seperti dikutip Timindonesia.id dari Serambi.

"Nurul dipastikan merebut tiket Olimpiade karena sudah mengikuti empat kali prakualifikasi di Qatar. Dia jadi yang terbaik dari Benua Asia."

Saat ini, tercatat sudah tiga atlet angkat besi Indonesia mengantongi tiket Olimpiade Tokyo 2020. Mereka adalah Eko Yuli Irawan (kelas 61 kg), Windy Cantika Aisyah (kelas 49 kg) dan Nurul Akmal daru kelas (+87 kg).

Sementara itu, dua litfer lainnya, yakni Rahmat Erwin Abdullah dan Triyatno (kelas 73 kg) sedang berjuang mengumpulkan poin agar lolos kualifikasi.

2 dari 3 halaman

Lifter Nurul Akmal Bangga Jelang Olimpiade Tokyo 2020

Nurul Akmal mengatakan, lolos ke Olimpiade Tokyo 2020 merupakan puncak karier yang dia nantikan sebagai atlet angkat besi. Menengok masa lalu, perjalanan karier atlet yang akrab disapa Amel ini tak mudah.

Ia harus berangkat dari tingkat daerah. Lalu mulai dari prakualifikasi Pekan Olahraga Aceh (Pra-PORA), PORA, Kejuaraan Nasional, PON, dan Prakualifikasi PON.

Nurul Akmalia pernah tampil pada kelas +87 kg putri dan mengumpulkan 2106,0567 poin dalam daftar ranking yang dirilis International Weightlifting Federation (IWF) pada pertengahan Juni 2021.

Amel merasa bangga terpilih menjadi salah satu atlet angkat besi wanita yang akan berlaga di Olimpiade Tokyo 2020

“Saya merinding waktu dinyatakan lolos Olimpiade. Saya kehilngan kata-kata Karen ini Olimpiade pertama saya, lalu angkat besi Indonesia juga pertama. Jadi seperti punya suatu kebanggaan,” ucap Nurul Akmal lifter wanita angkat besi.

Selain itu, tidak hanya prestasi tingkat nasional saja, Amel juga telah mendaftaran namanya ke Tim Indonesia di berbagai kejuaran internasional sebelum debut di Olimpiade Tokyo 2020. Amel pernah mendaftar sebagai peserta di Islamic Solidarity Games 2017, Taipei Universiade 2017 dan Kejuaraan Dunia di Ashgabat Turkmenistan..

Sebelumnya, Alkindi menjadi atlet Tanah Rencong pertama yang sukses bermain di Olimpiade 1988 di Seoul, Korea Selatan. Saat itu, Alkindi membela Indonesia di cabang anggar. Kesuksesan Alkindi saat itu tak lepas dari prestasi terbaiknya. Bahkan, ia dijuluki sebagai raja bunga Indonesia.

Lifter Nurul Akmal menjadi wakil harapan Indonesia supaya membalap prestasi Alkindi, bisa raih medali emas di ajang Olimpiade nanti, dukung Amel dengan menyaksikan live streaming Olimpiade Tokyo 2020 secara GRATIS melalui aplikasi Vidio tersedia di Playstore atau AppStore.

Penulis : Aulia Dewi (VIDIO)

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut ini