Sukses

Profil Stadion Wembley, Venue Final Euro 2020 / 2021

Liputan6.com, Jakarta Gelaran Euro 2020 / 2021 sudah mendekati partai puncak. Final turnamen negara-negara di Eropa ini, akan digelar di Stadion Wembley, London, Inggris. Pada laga pamungkas tersebut, tuan rumah Inggris bertemu Italia untuk menentukan gelar juara.

Stadion Wembley mendapat kehormatan menjadi salah satu venue dari 11 negara yang ditunjuk sebagai penyelenggara kejuaraan sepak bola antarnegara Benua Biru ini.

Stadion megah yang terletak di wilayah Brent, London, Inggris ini, memang sudah kerap menjadi venue bagi partai-partai bergengsi. Dibuka pertama kali pada 28 April 1923, awalnya Wembley dibangun untuk menjadi tuan rumah Pameran Kerajaan Inggris pada 1924-1925.

Kemudian, pada 2002 Wembley dibangun ulang oleh firma arsitektur Foster Partners dan Populasi dengan menghabiskan biaya sekitar 798 juta poundsterling (saat ini sekitar Rp 16 triliun). Stadion kebanggaan warga Negeri Ratu Elizabeth tersebut mampu menampung hingga 90 ribu lebih penonton.

Selain bentuknya yang megah, salah satu ciri khas dari Stadion Wembley ada di bagian atapnya yang bisa dibuka tutup. Yang membuatnya berbeda, Wembley memiliki atap yang bisa digeser hingga menutupi seluruh kursi penonton yang ada di bawahnya.

2 dari 6 halaman

Saksi Sejarah

Stadion Wembley juga telah menjadi saksi bagi sejumlah momen-momen bersejarah di dunia olahraga. Sebelum dipugar dan menjadi stadion modern, Wembley pernah digunakan dalam Olimpiae 1948. Namun yang paling diingat publik sepak bola tentu saja Piala Dunia 1966 yang berlangsung di sana.

Saat itu, Timnas Inggris berhasil mengalahkan Jerman di final dan menjadi juara dunia. Ini merupakan trofi terakhir yang berhasil dimenangkan oleh pasukan Three Lions hingga saat ini.

3 dari 6 halaman

Simbol Sepak Bola Inggris

Meski kerap digunakan untuk menggelar berbagai agenda di luar olahraga, Stadion Wembley DNA-nya tetaplah sepak bola. Ini bisa dilihat dari pemiliknya, yakni Asosiasi Sepak Bola Inggris atau FA.

Stadion ini juga telah menjadi simbol sepak bola Inggris dan telah menjadi tuan rumah 78 Final Piala FA, enam final Kejuaraan Eropa, satu Piala Dunia serta tuan rumah bagi ajang Euro tahun 1996.

4 dari 6 halaman

Warisan Kerajaan

Stadion ini tak hanya digunakan untuk olahraga sepak bola semata, tetapi juga digunakan untuk venue pertandingan rugby, American Football, dan tinju. Selain itu juga digunakan sebagai venue konser-konser besar seperti Adele, Elton John, Take That, Spice Girl, hingga BTS. (Foto: AFP/Adrian Dennis)

Stadion Wembley yang asli dibangun sebagai pusat pameran Kerajaan Inggris pada tahun 1924 dan dulunya dikenal sebagai Stadion Kerajaan. Bangunan ini baru dihancurkan pada tahun 2003 untuk memberi jalan bagi struktur Wembley baru yang dibuka 2007 lalu.

5 dari 6 halaman

Infografis

6 dari 6 halaman

Simak Video Menarik Berikut Ini