Sukses

Waktu Mustajab, Inilah Doa yang Selalu Dibaca Rasulullah Saat Santap Sahur

Liputan6.com, Jakarta Umat muslim sebelum menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan bisanya melaksanakan sahur. Meski bukan syarat sahnya puasa, dengan sahur setidaknya akan mendapat tenaga sehingga sanggup menjalankan puasa seharian.

Ensiklopedia Pendidikan Islam suntingan Kamarul Azmi Jasmi, menyebutkan bahwa dari segi bahasa, sahur adalah makan dan minum pada akhir malam.

Hadis riwayat Bukhari dan Muslim disebutkan bahwa Anas RA berkata Rasulullah bersabda, "Sahurlah kamu karena (makan) di waktu sahur itu mengandung keberkahan."

Rasulullah disebutkan tidak pernah mengkhususkan makanan tertentu untuk dikonsumsi. Namun, HR. Abu Dawud no. 2.345 mencatat bahwa beliau bersabda, "Sebaik-baiknya makanan sahur seorang mukmin adalah kurma."

Selain itu, malaikat turun menebar rahmat Allah SWT ketika sahur. Sehingga, waktu sahur sungguh mustajab untuk berdoa.

2 dari 4 halaman

Teladani Kebiasaan Rasulullah

Saat melaksanakan ibadah selama Ramadan, tentu tak sedikit umat muslim yang ingin meneladani kebiasaan Rasulullah. Praktiknya bisa dalam berbagai hal, termasuk saat sahur dan berbuka puasa.

Rasulullah bersama para sahabat selalu makan sahur sebelum berpuasa. Menu terbaik yang paling sering disantap Rasulullah saat sahur adalah kurma.

3 dari 4 halaman

Doa Sahur

Setelah sahur, Rasulullah kerap membaca doa ini, seperti tercantum dalam hadis riwayat Thabrani. Berikut doa dan artinya.

Doa Sahur yang Dibaca Rasulullah

Yarhamullahul mutasahhirin.

Artinya:

" Semoga Allah menurunkan rahmat-Nya bagi mereka yang bersahur."

4 dari 4 halaman

Simak Video Menarik Berikut Ini