Sukses

Pertama dalam Sejarah, MU Percayakan Fletcher dan Murtough Jadi Direktur MU

Liputan6.com, Jakarta Kejutan terjadi saat Manchester United atau MU melakukan perombakan. Manajemen klub raksasa Liga Inggris menunjuk secara resmi mantan gelandangnya Darren Fletcher sebagai direktur teknik.

Bukan itu saja, MU juga memilih John Murtough menjadi direktur sepak bola. Fletcher, yang memenangkan lima gelar Liga Inggris, kembali ke klub sebagai pelatih muda pada Oktober 2020 sebelum dipromosikan ke tim utama pada Januari lalu.

Sebelum resmi menunjuk Fletcher, banyak nama lain masuk dalam bursa. Salah satunya eks pemain yang dikenal sebagai pundit saat ini, Rio Ferdinand.

Namun, kejutan justru berlangsung saat MU memilih Murtough. Padahal, ada nama-nama besar seperti CEO Ajax, Edwin Van der Sar, dan mantan pelatih RB Leipzig, Ralf Rangnick.

Perombakan ini kemungkinan terkait dengan banyaknya kritikan soal kebijakan rekrutmen pemain MU. Mereka mempertanyakan Wakil Kepala Eksekutif Ed Woodward karena salah membeli pemain mahal seperti Marouane Fellaini dan Memphis Depay.

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

2 dari 6 halaman

Langkah Besar

Woodward sendiri dalam situs klub mengatakan bahwa ini adalah janji yang sangat penting yang akan memperkuat kemajuan klub. Ini dilakukan untuk mengejar kesuksesan yang pernah dirasakan MU.

“Kami telah membuat langkah besar ke depan dalam cara kami menjalankan operasi sepak bola kami, dan manfaatnya terlihat dalam saluran yang bangkit kembali dari bakat akademi yang mencapai tim utama dan melalui catatan rekrutmen kami yang lebih baik."

3 dari 6 halaman

Strategi

“Saya senang John dan Darren menerima peran ini dan saya menantikan kontribusi yang akan mereka berikan, bersama dengan Ole dan staf lainnya, saat kita membangun menuju kesuksesan di masa depan.”

Nantinya, direktur sepak bola akan memiliki kepemimpinan dan tanggung jawab secara keseluruhan untuk operasi dan strategi di semua fungsi sepak bola.

4 dari 6 halaman

Aspek Teknis

Murtough akan bekerja sama dengan Ole Gunnar Solskjaer dan staf sepak bola lainnya untuk menciptakan struktur, proses, dan budaya untuk memberikan kesuksesan yang berkelanjutan di lapangan.

Sedangkan Fletcher akan bekerja sama erat dengan dia dengan mengimbuhkan aspek teknis dan arahan serta memberi tautan antara akademi klub dan tim pertama klub.

5 dari 6 halaman

Tersanjung

Fletcher adalah mantan pemain timnas Skotlandia. Dia menghabiskan waktu 12 tahun bersama MU dengan 223 kali tampil dalam pertandingan Liga Inggris dan memenangkan lima gelar selain juga Liga Champions dan Piala Dunia Klub.

"Menyenangkan sekali bisa kembali ke klub ini dan saya tersanjung mengemban peran baru ini," kata dia seperti dikutip Reuters.

6 dari 6 halaman

Simak Video Menarik Berikut Ini