Sukses

Alex Asmasoebrata Meninggal Dunia, Ketua KONI Sampaikan Ucapan Belasungkawa

Liputan6.com, Jakarta- Masyarakat olahraga Indonesia khususnya olahraga berkuda mengawali tahun baru 2021 dengan duka. Ketua Harian Pengurus Pusat Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (PP.Pordasi) sekaligus Ketua Pengurus Provinsi Pordasi DKI Jakarta, H.M.A.S. Alex Asmasoebrata wafat pada Sabtu (2/1/2021) Pukul 00:15 WIB.

Alex nafas terakhir pada usia 69 tahun di RSCM Kencana, Jakarta setelah sempat menjalani perawatan selama beberapa hari. 

Kepergian Alex membuat banyak kalangan terpukul tak terkecuali Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Letjen TNI (Purn.) Marciano Norman. Alex selama ini dikenal sebagai orang yang sangat peduli terhadap dunia olahraga Indonesia, mulai dari balap mobil hingga berkuda. 

Marciano pun mendoakan, almarhum yang sudah sangat berjasa dalam perkembangan olahraga Indonesia, diberikan tempat terbaik di sisi Allah SWT. 

“Semoga Allah SWT mengampuni dosa-dosanya serta almarhum di terima di tempat terbaik dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan keikhlasan”, kata Marciano mendoakan sosok yang rajin menunaikan ibadah puasa itu.

2 dari 5 halaman

Sakit

Beberapa bulan terakhir, Alex diketahui berjuang menghadapi penyakit diabetes, kanker pankreas dan hati. Beberapa tokoh pun sempat memberikan dukungan moral dengan menjenguknya, seperti Sandiaga Uno dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Semasa hidupnya, Alex dikenal di dunia balap, seangkatan dengan Tinton Suprapto, Aswin Bahar, Dolly Indra Nasution. Di awal 2020, Alex sempat meramaikan balap gokar di Sirkuit International Karting Sentul, Bogor.

 

3 dari 5 halaman

Alexandra

Pria kelahiran Sumedang, Jawa Barat ini juga berhasil mendidik putrinya, Alexandra Asmasoebrata menjadi pembalap, bahkan sempat masuk MURI sebagai pembalap perempuan satu-satunya di Indonesia dan tingkat Asia.

4 dari 5 halaman

Pordasi

Sementara itu mewakili Keluarga Besar Pordasi di Tanah Air, Ketua Umum PP Pordasi Triwatty Marciano juga turut mendoakan almarhum. “Semoga Pak Alex mendapatkan tempat yang terbaik di sisi Allah SWT,  jasa Pak Alex untuk olahraga berkuda akan selalu dikenang”, kata Triwatty.

"Saya mengajaksemua Pengurus PP.Pordasi dan para komunitas olahraga berkuda untuk Insya Allah berusaha melanjutkan cita-cita dan keinginan terakhir beliau, mengembalikan arena Pacuan di DKI Jakarta," lanjut dia.

Triwatty juga mengenang sosok Alex semasa hidupnya. Dia pun dikenal sebagai seseorang yang memegang prinsip dengan kuat.  “Pak Alex adalah sosok yang berani dalam mengambil tindakan," kenangnya.

Apresiasi diberikan kepada Alex yang menjalankan aktivitas walaupun kondisinya kurang sehat. “Walaupun Bapak dalam kondisi sakit, Pak Alex tetap berjuang demi Pordasi. Perjuangan Pak Alex akan terus kami lanjutkan. Insya Allah Mbak Muri diberikan ketabahan dan keikhlasan," tutup Ketum PP Pordasi ini.

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Menarik Ini